Pemanfaatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Multimedia Power Point Untuk Konsep Sistem Saraf Di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong

  • Novita Wulandari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ninik Septyani Universitas Negeri Makassar
  • Jusrianto AS Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Multimedia, Power Point, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Berbagai permasalahan yang dihadapi siswa di sekolah ini, terlebih di kelas II dengan permasalahan antara lain prestasi belajar yang rendah, yang mengakibatkan kurang adanya motivasi untuk bersemangat belajar, dan siswa tidak memiliki sebuah motivasi untuk saling bersaing dalam memperoleh nilai. Hal ini terjadi karena system proses pembelajaran di SMPN 11 Kab. Sorong hanya menggunakan proses ceramah, guru menerangkan secara konvensional tanpa menggunakan media yang menunjang seperti teknologi atau alat disaat proses pembelajaran berlangsung. Untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa perlu sentuhan teknologi, khususnya multimedia salah satu media yang paling cepat dan gampang untuk guru pelajari dan sajikan ke siswa yaitu power point. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran berupa program presentasi power point pada kelas II SMPN 11 Kab. Sorong. Penelitian ini ada tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perancangan: membuat scenario pembelajaran menggunakan power point, (2) Tindakan: melaksanakan scenario pebelajaran seperti yang telah direnanakan, (3) Observasi: melakukan pengamatan terhadap pelaksanaan tindakan menggunakan lembar observasi dan alat evaluasi, dan 4) Refleksi: melakukan analisis data hasil observasi dan evaluasi, hasil refleksi digunakan untuk perbaikan pembelajaran pada siklus selanjutnya Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan bembelajaran dengan menggunakan media komputer bentuk power point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SMPN 11 Kab. Sorong tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Dahar, R.W. 1991. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Darsono, M; A., Sugandhi; Martensi, Dj.; R. K. Sutadi & Nugroho. 2000. Belajar
dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Daryanto. M. 1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata
Pelajaran Biologi Untuk Sekolah Menengah Timgkat Perfama. Jakarta :
Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Ekosiswoyo, R; Rifa’I, A dan Sutomo. 1996. Manajemen Kelas. Semarang : IKIP
Semarang Press.
Jati, W. 2003. Model-Model Pembelajaran. Semarang. Departemen Pendidikan
Nasional Jawa Tengah.
Mudzakir, A dan Sutrisno, J. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Muslich, M. 1994. Dasar-dasar Pemahaman Kurikulum 1994. Malang: YA3.
Natawijaya, R. 1985. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam proses Belajar dan Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Permana, B. 2004. Power Point 2003. Jakarta. PT. Elek Media Komputindo.
Purwanto, N. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Remaja Karya.
Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Santoso, K. 2002. Pemilihan dan Pengembangan Media Pembelajaran.
Semarang: Proyek Peningkatan Tenaga Kependidikan dan Non
Kependidikan Menengah Dinas Pendiidkan Provinsi Jawa Tengah Kerja Sama Dengan UPT SBM Universitas Negeri Semarang.
Sadiman, A.S; R. Rahardjo; Haryono, dan A. Rahardjito. 1986. Media Pendidikan Jakarta: Rajawali Press.
Setiadi, R dan A. Akhril. 1999. Dasar-dasar Pemrograman Software Pembelajaran. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UPI bekerjasama dengan JICA.
Sudirman, N.Z. A. Rusyan dan T.Fathoni. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru.
Suharto. 1997. Pendekatan dan Teknik Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Tarsito.
Thoha, M. 2001. Teknik Evaluasi Pemdidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tim Pelatih Proyek PGSM Provinsi Jawa Tengah. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Depdikbud Provinsi Jawa Tengah.
Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer Semarang. 1997. Microsoft Office 97. Kerjasama Penerbit Andi Yogyakarta dengan Wahana Komputer Semarang. Winkel, W.S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia
Published
2020-07-10
How to Cite
Wulandari, N., Septyani, N., & AS, J. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Multimedia Power Point Untuk Konsep Sistem Saraf Di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 1(2), 39-44. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v1i2.485