Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Komik Digital Pada Materi Sistem Bilangan Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X

  • Tatang Supriatna Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Matahari Matahari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Ihsan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Media Pembelajaran, ADDIE, Komik Digital, LKPD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik Digital pada Materi Sistem Bilangan Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X yang Valid dan Efektif dalam Pembelajaran. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan sesuai dengan model penelitian yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahapan Analysis meliputi analisis kebutuhan yaitu analisis kondisi peserta didik, analisis kondisi sekolah, dan kompetensi. Tahapan Design meliputi perancangan produk. Tahapan Development meliputi pengembangan poduk LKPD berbasis komik digital menggunakan aplikasi Manga Studio EX5. Tahapan Implementation meliputi uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Tahapan Evaluation meliputi evaluasi produk. Hasil penilaian ahli materi memperoleh skor 3,8 kriteria sangat Valid, hasil penilaian ahli media memperoleh skor 3,8 kriteria sangat valid, hasil penilaian berdasarkan rspon siswa memperoleh skor 3,8 kriteria sangat Valid. Presentasi siswa yang tuntas sebanyak 65% kriteria efektif. Dengan demikian LKPD Berbasis Komik Digital pada Materi Sistem Bilangan Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, H. A. (2009, Juni 21). Kenapa Komik Digital. workshop komik digital pada Indonesia ICT awards 2009 (pp. 1-4). Jakarta: INAICTA 2009. Retrieved from academiaedu.
Benavot, A. (2016). Laporan Pemantauan Pendidikan Global (GEM). Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNESCO. Paris: Organisasi Pendidkan, Ilmu, dan Budaya Perserikatan Bangsa-bangsa. Retrieved Mei 05, 2019, from http://www.unesco.or.id
Benedikta, A. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi Untuk SMA Kelas X Semester Gasal. Skripsi, 23. Retrieved from eprins.uny.ac.id
Darmadi, Nataliana, M., & Sari, S. I. (2015). The Quality Of Biology Textbook Based On Curriculum 2013 For Senior High School Class X Published By Erlangga; Perception Of Biology Teachers And Students In Pekanbaru. Jurnal Biogenesis, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau Vol. 11(2): ISSN : 1829-5460, 85-92.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Pandua Pengembangan Bahan Ajar, 1-31. Retrieved from www.kemendikbud.go.id
DPR. (2003). Negara Kesatuan Republik Indonesia Patent No. uu Nomor 23 tahun 2013. Retrieved mei 05, 2019
Dr. Mukminan. (2013). Kurikulum 2013 pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Workshop Penkajian Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah (pp. 1-13). Yogyakarta: Lembaga Pengembangan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta.
Hadi, W. S. (2015). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas Untuk Sekolah Menengah Atas. Unnes Physics Education Journal, IV, 15-24.
Haryanto, A. T., & Sucipto, T. A. (2013). Sistem Komputer. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.
Hidayat, P. (2014, Desember). Pentingnya Konsep Dasar Sains Pada Pendidikan Tingkat Sd/Mi Dalam Mengejar Kemajuan Teknologi. Al-Bidayah, Vol. 6 No.2, 273-289.
Kemendikbud. (2016). Pencarian kata KBBI Daring. (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia) Retrieved April 27, 2019, from KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengembangan
Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2014). Pengebangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Pengembangan Media Komik Digital Untuk SIswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya, 1-9.
Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam Volume III, Nomor 1, 71-93.
Maizora, s. (2016, Mei 06). Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Macromedia Fash 8. Retrieved Mei 08, 2019, from google cendekia: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=maizora&btnG=
Maulana, K. E., & Riyanto, A. D. (2014). Pembuatan Animasi Interaktif Pembelajaran Gitar Tingkat Pemula (Interactive Animation Development of Guitar Learning for Beginner). JUITA ISSN: 2086-9398 Vol. III, 35-41.
Mukti, D. N. (2015). Penciptaan Karya Komik Alternatif. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 3, 16-22.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munawaroh, I. (2015). Urgensi Penelitian dan Pengembangan. Studi Ilmiah UKM Penelitian UNY.
Nida, I. K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Comic Math Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Meteri Kubus Dan Balok Di SMP. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 8(1), 31–40. Retrieved Mei 02, 2019
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik . Membuat Media Pembelajaran yang Menarik Volume 8 Nomor 1, 19-35.
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA press.
Rohaeti, E., LFX, W. E., & Padmaningrum, R. T. (2009, Mei). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia Untuk SMP. Inovasi Pendidikan Jilid 10, 1-11.
Rosna, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6, 235-246.
Sholikhin, A., & Rianti, B. K. (2013). Pembangunan Sistem Informasi Inventarisasi Sekolah. Indonesian Jurnal on Networking and Security (IJNS), 50-57.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada (Rajawali Press).
Sudjana, N., & Rivai, A. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Sulaeman, A. (2015, Maret). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma. Vol.16. Pengembangan Kurikulum 2013 (A. Sulaeman) ISSN: 2580-5096, 71-95.
Susanto, A. (2013, Januari 07). Pengenalan Komputer. Retrieved April 29, 2019, from IlmuKomputer.com: http://nyoman. staf. narotama. ac. id/files/2 012/01/arief_pengenalankomputer. pdf
Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Suyanto, S., Paidi, & Wilujeng, I. (2011). Lembar Kerja Siswa (LKS). Makalah Pembekalan Guru Daerah Terluar dan Tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 November-06 Desember 2011.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Pengembangan Bahan Ajar I Made Tegeh dan I Made Kirna, 12 - 26.
Waskito, E. (2010). Analysis and Design of Information Systems Sales Separepart Gemilang Jaya Motor. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 2 No 3, ISSN : 1979‐9330 (Print) ‐ 2088‐0154 (Online), 27-34.
Widiastuti, R., Junaidi, & sulistyarini. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Komik Pada Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Pontianak, 1-16.
Widoyoko, E. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widuri, E. (2012). Perbandingan Pengajaran Dengan Menggunakan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) Dan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Basastra, 1(1).
Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2020-08-22
How to Cite
Supriatna, T., Matahari, M., & Ihsan, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Komik Digital Pada Materi Sistem Bilangan Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 1(2), 48-58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v1i2.497