Menilik Potensi Artificial Intelligence Bagi Masa Depan Pendidikan Global
Abstract
Globalisasi telah menciptakan dunia yang semakin terhubung, di mana orang-orang dari berbagai negara saling berinteraksi dan bekerja sama. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan yang dapat mempersiapkan siswa untuk hidup dan bekerja di dunia yang global. Pendidikan global adalah pendekatan pendidikan yang memandang dunia saling berhubungan dan menekankan pentingnya mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang relevan dengan konteks global. Hal ini membantu mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai isu-isu global, perspektif multikultural, dan kemampuan berpikir dan bertindak kritis di dunia yang semakin saling terhubung. Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu teknologi di era revolusi industri 4.0 yang dapat berguna untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan guna memperkenalkan AI sebagai solusi bagi siswa untuk mengeksplorasi pendidikan lintas negara. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Data penelitian diperoleh dari survei perpustakaan, berupa buku, jurnal nasional, jurnal internasional, dan literatur lainnya. Hasil pembahasan menunjukan bahwa hadirnya AI dapat membantu meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berkolaborasi dengan globalisasi untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dan peluang di dunia yang saling berhubungan. AI membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, berkolaborasi, berkomunikasi, dan berinovasi. AI dapat memberikan materi pembelajaran meskipun terkendala jarak dan biaya. Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa dalam menghadapi tuntutan tantangan pendidikan era globalisasi, AI mampu menjadi solusi untuk menyiapkan generasi di masa depan yang memiliki keterampilan - keterampilan yang diperlukan untuk bekerja dalam lingkungan globalisasi. Namun, penerapan AI ini perlu dilakukan dengan hati-hati dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa AI digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan bukan untuk menggantikan peran guru.
Downloads
Copyright (c) 2024 JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.