Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Mapel TIK di SMK Modelink Sorong
Abstract
Pada Sekolah SMK Modelink Sorong belum menggunakan Media video Pembelajaran bervariasi yang digunakan untuk melakukan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis powtoon yang valid dan layak untuk digunakan. Metode penelitian menggunakan metode R&D (Research and Develompment), menggunakan model ADDIE ( Analysis, Design, Develompment, Implementation and evaluation). Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan instrument pengumpulan data. Subyek penelitian ini adalah siswa Smk Modelink Sorong kelas X yang berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media video pembelajaran berbasis powtoon diperoleh hasil validasi dari 2 validator antara lain ahli materi yaitu : Kevalidan media berdasarkan hasil penilaian ahli materi di peroleh presentase rata- rata yaitu 72,7% dan ahli media diperoleh presentase rata- rata yaitu 83% termasuk dalam kriteria “Valid”. Kelayakan media berdasarkan penilaian responden dengan skor 67,5% termasuk kriteria”Cukup Layak”. Kesimpulan dari penelitian yang telah di lakukana adalah media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan Powtoon cukup layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas X SMK Modelink Sorong.
Downloads
Copyright (c) 2024 JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.