Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Vn (Vlog Now) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Kota Sorong

  • Indri Anugrah Ramadhani Pendidikan Teknologi Informasi UNIMUDA Sorong
  • Matahari Matahari Pendidikan Teknologi Informasi UNIMUDA Sorong
  • Rahmat Nasari UNIMUDA SORONG
Keywords: development, media, video, learning, VN (Vlog Now)

Abstract

Pada hasil observasi proses belajar mengajar Metode ceramah yang difokuskan pada penjelasan yang baku dan abstrak membuat pembelajaran menjadi membosankan dan monoton. Oleh sebab itu, dengan penggunaan media pembelajaran berbasis video ini bisa membangkitkan semangat peserta didik dalam belajar karena menarik dan menyenangkan, Sehingga peneliti melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media video pembelajaran yang layak  dengan menggunakan aplikasi VN (Vlog Now) pada mata pelajaran IPA materi Daur Hidup Hewan siswa kelas 4 SD Negeri 20 Kota Sorong. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan tahapan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Subjek Penelitian ini adalah siswa SD Negeri 20 Kota Sorong kelas IV sebanyak 20 siswa. Penilaian kevalidan media video melibatkan validator terdiri dari ahli materi dan ahli media, kemudian uji coba kelayakan oleh siswa. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media video pembelajaran mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan untuk siswa kelas IV SD Negeri 20 Kota Sorong yang sesuai dengan materi dalam RPP yang diterapkan di SD Negeri 20 Kota Sorong, dan juga Media video pembelajaran layak digunakan untuk siswa SD Negeri 20 Kota Sorong dari aspek materi, aspek bahasa, aspek penyajian, dan aspek tampilan. Kevalidan media video pembelajaran berdasarkan penilaian validator mencapai persentase sebesar 95% ahli materi dan 91% ahli media, maka media video ini dinyatakan masuk kedalam kategori sangat valid untuk diujikan ke lapangan. Selanjutnya pada uji coba kelayakan media video pembelajaran oleh 20 siswa hasilnya adalah 91%, sehingga menyatakan media video pembelajaran IPA materi Daur Hidup Hewan masuk kedalam kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas 4 SD Negeri 20 Kota Sorong.

Kata Kunci: pengembangan, media, video, pembelajaran, VN (Vlog Now)

Abstract: In the observation of the teaching and learning process lecture method that is focused on a standard and abstract explanation makes learning become boring and monotonous. Therefore, the use of video-based learning media can arouse the spirit of students in learning because it is interesting and fun, so that researchers conduct research. The purpose of this study was to produce a decent learning video media by using the VN (Vlog Now) application on the subject of science material animal life cycle of 4th grade students of SD Negeri 20 Sorong City. This type of research is using research methods R & D (Research and Development) with ADDIE development stages (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data collection techniques used are observation, interviews, literature studies, and questionnaires. Data analysis techniques using quantitative descriptive techniques. The subjects of this study were students of SD Negeri 20 Sorong city Class IV as many as 20 students. Video media validity assessment involves validators consisting of material experts and media experts, then the feasibility test by students. The results of this development research in the form of learning video media of science subjects animal life cycle material for fourth grade students of SD Negeri 20 Sorong city in accordance with the material in the lesson plan implemented in SD Negeri 20 Sorong City, and also learning video media suitable for students of SD Negeri 20 Sorong City from material aspects, language aspects, presentation aspects, and display aspects. The validity of learning video media based on the validator's assessment reached a percentage of 95% of material experts and 91% of media experts, then this video media was declared to be a very valid category to be tested in the field. Furthermore, in the feasibility test of learning video media by 20 students, the results were 91%, so that the Science Learning video media of animal life cycle material was included in the category of very feasible to be used as a learning media for 4th grade students of SD Negeri 20 Sorong City.

Keywords: development, media, video, learning, VN (Vlog Now)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31
How to Cite
Ramadhani, I., Matahari, M., & Nasari, R. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Vn (Vlog Now) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Kota Sorong. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 5(1), 37-59. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v5i1.5415