Perancangan Aplikasi Kasir Pada Kedai Ter_Serah.Ko Sorong

  • Ajeng Ravina Yolanda Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Matahari Matahari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Indri Anugrah Ramadhani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Aplikasi; e-commerce; Kasir; R&D; Waterfall.

Abstract

Kedai Ter_serah.ko Sorong merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang penjualan minuman kekinian. Kedai Ter_serah.ko masih menggunakan sistem manual sehingga proses transaksi penjualan terhambat dan masih sering terjadi kesalahan dalam penulisan nota. Dengan masalah diatas peneliti merancang sebuah aplikasi kasir. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and development) dengan menggunakan tahapan: mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, perbaikan desain, ujicoba produk, revisi produk, dan pembuatan produk masal. Selanjutnya menggunakan model waterfall dibantu dengan menggunakan bahasa pemodelan Unifield Modelling Language (UML), bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai pengelola database. Dengan metode ini akan mempermudah kedai ter_serah.ko dalam melalukan transaksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil berupa sistem aplikasi kasir pada kedai ter_serah.ko Sorong dan buku panduan menggunakan sistem aplikasi kasir yang telah dilakukan ujicoba Black Box dan pengujian skala kecil di buktikan dengan pengujian yang melibatkan ahli dan beberapa orang sebagai user dalam skala kecil dengan aspek pemograman dengan jumlah nilai presentase 94,5%, aspek isi 91,5%, aspek tampilan 95%, kelengkapan sistem 95,7%, dan buku panduan 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriansyah, I. M., Hidayat, A., & Ajis, D. A. (2019). Sistem Informasi Penjualan Di Counter Fanz Cell Kota Tasikmalaya Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika (Jumika), 6(2).
Dedi, D., Sutarman, S., & Septiyani, N. (2020). Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Indonesia Okubo Jepang. Academic Journal of Computer Science Research, 2(1).
Dodi Syafrizal, F. K. (2017). Sistem Informasi Orderan makanan dan booking tempat berbasis mobile android menggunakan protokol JSON. jurnal sistem informatika, 81-92.
Enterprise, J. (2014). Mysql Untuk Pemula. Jakarta: PT Alex Mediakoputido
Enterprise, J. (2018). HTML, PHP, dan MySQL untuk pemula Jakarta.
Kuncoro, D. W. (2013). Analisis Dan Perancangan Sistem Kasir Dan Pendataan Stok Barang Pada Tata Distro Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 12(1).
M. Noval Riswandha, M. N. (2018). Rancang bangun Sistem Informasi Kasir Pada Warung "sate dan Gule bang Lukman cabang Malang". Rancang bangun Sistem Informasi Kasir, 16-22.
Muthohari, A., & Rahayu, S. (2016). Pengembangan Aplikasi Kasir pada Sistem Informasi Rumah makan Padang Ariung. Jurnal Algoritma, 13(1), 157-163.
Noviansyah, E. (2008). Aplikasi Website Museum Nasional Menggunakan Macromedia Dreamweaver Mx. Jakarta: STIK.
Pengertian Kasir. kbbi.kemdikbud.go.id.tanggal di akses 16 februari 2020
Riswandha, M. N., & Nadhif, M. M. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Kasir Pada Warung “Sate & Gule Bang Lukman Cabang Malang” Berbasis Web Dengan Metode Cut Off Point. Jurnal SPIRIT, 10(2).
Supono dan V. Putratama. “Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP Framework”, Yogyakarta: Depublish, Oktober 2018
Taufik, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Makanan Kucing Dan Anjing Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika (Jumika), 6(2).
Wisnu, G. (2016). Sistem Infromasi di Hokky Waroeng Dimsum Surakarta.
Yanto, A. B. hasta, Fauzi, A., & Jariyah, F. A. (2018). Sistem Informasi ERecruitment karyawan Berbasis Web Pada Pt. Jasa Swadayautama (Jayatama). Teknologi Informatika & Komputer, 4(2), 1–6.
Published
2021-01-28
How to Cite
Yolanda, A., Matahari, M., & Ramadhani, I. (2021). Perancangan Aplikasi Kasir Pada Kedai Ter_Serah.Ko Sorong. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 2(1), 32-40. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v2i1.807