JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi <p>Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Taknologi Informasi. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan dasar yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli<br>E-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1580969430" target="_blank" rel="noopener">2721-6276</a></p> en-US indianugrah18@gmail.com (Indri Anugrah Ramadhani) indianugrah18@gmail.com (Indri) Fri, 26 Jan 2024 02:58:42 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Game 2D CyberQuest: Sarana Pembelajaran Perakitan CPU https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/4978 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Kemajuan teknologi informasi yang signifikan berperan penting dalam memajukan ilmu pengetahuan dan meningkatkan sumber daya manusia. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hal ini merupakan kabar baik sekaligus tantangan bagi pendidikan perakitan komputer yang relevan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Riset ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran simulasi perakitan komputer yang lebih mudah dan mengasyikkan melalui Game 2D. </span><span style="vertical-align: inherit;">Game ini menjadi pilihan untuk belajar merakit komputer secara mandiri bagi seseorang yang ingin belajar merakit komputer. </span><span style="vertical-align: inherit;">Metode penyelesaian yang dipakai dalam pengembangan website ini adalah </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Game Development Life Cycle</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (GDLC), dengan tahapan mulai dari </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Initiation, Pre - Production, Production, Testing, Beta, dan terakhir Release</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi edukasi merakit CPU dengan fitur, menu website, materi, setting, informasi aplikasi, dan membangun aplikasi menggunakan sebuah mobile. </span><span style="vertical-align: inherit;">Diharapkan game ini dapat meningkatkan pembelajaran kepada kita semua tentang merakit CPU menggunakan ponsel dan dapat menginspirasi masyarakat umum untuk terlibat dalam belajar mandiri.</span></span></p> Dwi Ramadhaniasari, Fifit Syafaaty, Rizqi Cahya Angelita, Muvidha Fatmawati Putri, Alvin Noor Hidayah, Alvin Noor Hidayah, Dodik Arwin Dermawan, Dimas Novian Aditia Syahputra ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/4978 Fri, 26 Jan 2024 03:01:22 +0000 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Mapel TIK di SMK Modelink Sorong https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/5412 <p>Pada Sekolah SMK Modelink Sorong belum menggunakan Media video Pembelajaran bervariasi yang digunakan untuk melakukan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis powtoon yang valid dan layak untuk digunakan. Metode penelitian menggunakan metode R&amp;D <em>(Research and Develompment)</em>, menggunakan model ADDIE ( <em>Analysis, Design, Develompment, Implementation and evaluation).</em><em>&nbsp;</em>Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan instrument pengumpulan data. Subyek penelitian ini adalah siswa Smk Modelink Sorong kelas X yang berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian &nbsp;pengembangan media video pembelajaran berbasis powtoon diperoleh hasil validasi dari 2 validator antara lain ahli materi yaitu : Kevalidan media berdasarkan hasil penilaian ahli materi di peroleh presentase rata- rata yaitu 72,7% dan ahli media diperoleh presentase rata- rata yaitu 83% termasuk dalam kriteria “Valid”. Kelayakan media berdasarkan penilaian responden dengan skor 67,5% termasuk kriteria”Cukup Layak”. Kesimpulan dari penelitian yang telah di lakukana adalah media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan Powtoon cukup layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas X SMK Modelink Sorong.</p> Sahiruddin Sahiruddin, Matahari Matahari, Sintika Situru ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/5412 Fri, 26 Jan 2024 03:08:46 +0000 Shooter Flag Finder: Game Edukasi Pemburu Bendera Menggunakan Python PyGame https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/5135 <p>Game atau permainan tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat bermacam-macam jenis game mulai dari game yang dimainkan secara online serta game yang dimainkan secara offline. Tidak hanya itu, tema game juga bervariasi, salah satunya game edukasi yang bernama Shooter Flag Finder. Game edukasi ini ditujukan kepada anak-anak usia sekolah dasar untuk membantu anak sekolah memahami bendera negara yang ada di seluruh dunia. Pengetahuan bendera negara ini dikemas semenarik mungkin untuk memberikan warna baru sehingga anak-anak di sekolah dasar tidak merasa jenuh saat pembelajaran berlangsung. Keterbaruan game ini adalah menciptakan sebuah permainan berbasis web agar siswa semakin tertarik dalam mengenal dan mempelajari bendera negara yang ada di seluruh dunia. Dalam pengembangan game edukasi ini dibangun menggunakan library package Pygame dikarenakan membangun konsep ide serta penempatan objek game lebih mudah dilakukan. Selain itu, penggunaan game yang user friendly juga menjadi faktor utama dalam game edukasi ini. Hal ini mampu menghasilkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi pengguna game khususnya anak-anak di sekolah dasar</p> Revina Aurigha Firdaus, Imas Dewi Orvala, Handika Dio Pradana, Aditya Ramadhan Santoso, Dodik Arwin Dermawan, Dimas Novian Aditia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/5135 Fri, 26 Jan 2024 03:20:36 +0000 Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Alat pada UKM Pecinta Alam Gempa UNIMUDA Sorong Berbasis Web https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/5289 <p>Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (MPA) adalah organisasi yang bergerak pada bidang kepecintaalaman yang beraktifitas diluar ruangan/<em>outdoor</em>. MPA Gempa UNIMUDA Sorong memiliki peralatan yang cukup memadai untuk menunjang kegiatan-kegiatan kepecintaalaman. Hal ini menjadikan MPA Gempa UNIMUDA Sorong sering menerima permintaan peminjaman alat. Hal ini menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian “Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Alat pada UKM Pecinta Alam Gempa UNIMUDA Sorong”. Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan sistem informasi peminjaman alat pada UKM Pecinta Alam Gempa UNIMUDA Sorong berbasis <em>web</em>&nbsp;(2) mengetahui kelayakan penggunaan sistem informasi peminjaman alat pada UKM Pecinta Alam Gempa UNIMUDA Sorong berbasis <em>web </em>dan (3) menghasilkan <em>manual book</em>&nbsp;sebagai panduan penggunaan sistem informasi peminjaman alat pada UKM Pecinta Alam Gempa UNIMUDA Sorong. Penelitian ini menggunakan model <em>waterfall. </em>Uji coba produk menggunakan pengujian <em>blackbocx </em>dan pengujian sistem mengacu kepada 3 aspek penilaian meliputi: kegunaan, kepuasan dan kemudahan. Pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil uji coba produk yang diperoleh dari tiga aspek menunjukan hasil sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi peminjaman alat pada UKM Pecinta Alam Gempa UNIMUDA Sorong berbasis <em>web</em>&nbsp;telah memenuhi harapan dan layak untuk digunakan. Semoga sistem yang dibuat ini dapat dikembangkan dan diperbaharui lebih kompleks lagi oleh peneliti selanjutnya.</p> Ilham Jaya Kusuma, Muhammad Ali Kasri, Firman Firman ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/5289 Wed, 31 Jan 2024 02:02:08 +0000 Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Vn (Vlog Now) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Kota Sorong https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/5415 <p>Pada hasil observasi proses belajar mengajar Metode ceramah yang difokuskan pada penjelasan yang baku dan abstrak membuat pembelajaran menjadi membosankan dan monoton. Oleh sebab itu, dengan penggunaan media pembelajaran berbasis video ini bisa membangkitkan semangat peserta didik dalam belajar karena menarik dan menyenangkan, Sehingga peneliti melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media video pembelajaran yang layak &nbsp;dengan menggunakan aplikasi VN <em>(Vlog Now)</em> pada mata pelajaran IPA materi Daur Hidup Hewan siswa kelas 4 SD Negeri 20 Kota Sorong. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian R&amp;D (<em>Research and Development</em><em>) </em>dengan tahapan pengembangan ADDIE (<em>Analysis</em>, <em>Design</em>, <em>Development</em>, <em>Implementation</em> <em>and</em> <em>Evaluation</em><em>)</em>. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik <em>deskriptif kuantitatif</em>. <em>Subjek</em> Penelitian ini adalah siswa SD Negeri 20 Kota Sorong kelas IV sebanyak 20 siswa. Penilaian kevalidan media video melibatkan validator terdiri dari ahli materi dan ahli media, kemudian uji coba kelayakan oleh siswa. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media video pembelajaran mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan untuk siswa kelas IV SD Negeri 20 Kota Sorong yang sesuai dengan materi dalam RPP yang diterapkan di SD Negeri 20 Kota Sorong, dan juga Media video pembelajaran layak digunakan untuk siswa SD Negeri 20 Kota Sorong dari aspek materi, aspek bahasa, aspek penyajian, dan aspek tampilan. Kevalidan media video pembelajaran berdasarkan penilaian validator mencapai persentase sebesar 95% ahli materi dan 91% ahli media, maka media video ini dinyatakan masuk kedalam kategori sangat valid untuk diujikan ke lapangan. Selanjutnya pada uji coba kelayakan media video pembelajaran oleh 20 siswa hasilnya adalah 91%, sehingga menyatakan media video pembelajaran IPA materi Daur Hidup Hewan masuk kedalam kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas 4 SD Negeri 20 Kota Sorong.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong><em>: pengembangan, media</em><em>,</em><em> video</em><em>,</em><em> pembelajaran, VN</em> <em>(Vlog Now)</em></p> <p><strong><em>Abstract</em></strong><em>: In the observation of the teaching and learning process lecture method that is focused on a standard and abstract explanation makes learning become boring and monotonous. Therefore, the use of video-based learning media can arouse the spirit of students in learning because it is interesting and fun, so that researchers conduct research. The purpose of this study was to produce a decent learning video media by using the VN (Vlog Now) application on the subject of science material animal life cycle of 4th grade students of SD Negeri 20 Sorong City. This type of research is using research methods R &amp; D (Research and Development) with ADDIE development stages (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data collection techniques used are observation, interviews, literature studies, and questionnaires. Data analysis techniques using quantitative descriptive techniques. The subjects of this study were students of SD Negeri 20 Sorong city Class IV as many as 20 students. Video media validity assessment involves validators consisting of material experts and media experts, then the feasibility test by students. The results of this development research in the form of learning video media of science subjects animal life cycle material for fourth grade students of SD Negeri 20 Sorong city in accordance with the material in the lesson plan implemented in SD Negeri 20 Sorong City, and also learning video media suitable for students of SD Negeri 20 Sorong City from material aspects, language aspects, presentation aspects, and display aspects. The validity of learning video media based on the validator's assessment reached a percentage of 95% of material experts and 91% of media experts, then this video media was declared to be a very valid category to be tested in the field. Furthermore, in the feasibility test of learning video media by 20 students, the results were 91%, so that the Science Learning video media of animal life cycle material was included in the category of very feasible to be used as a learning media for 4th grade students of SD Negeri 20 Sorong City.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: development, media, video, learning, VN (Vlog Now)</em></p> Indri Anugrah Ramadhani, Matahari Matahari, Rahmat Nasari ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/5415 Wed, 31 Jan 2024 02:06:56 +0000