Pengaruh Modal Usaha Dan Lokasi Terhadap Pendapatan Dengan Lama Usaha Sebagai Variabel Intervening Pada Pasar Warmon Kabupaten Sorong

  • Hamsiah Hamsiah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Musriani Musriani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Tasrim Tasrim Universitas PGRI Yogyakarta
  • Astri Jayanti STIE Makassar Maju
  • Dewi Nur Kholida Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Modal Usaha, Lokasi, Lama Usaha, Pendapatan

Abstract

Tujuan utama didirikannya suatu usaha adalah untuk mendapatkan laba. Guna menyediakan barang kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat tentunya pedagang memerlukan modal. Modal merupakan faktor penting dalam kegiatan usaha, sebab modal merupakan urat nadi bagi kelangsungan usaha. Selain modal, lokasi juga sangat menentukan bagi pendapatan pedagang. Karena lokasi yang strategis akan sangat menguntungkan dalam mendapatkan pendapatan yang banyak. Serta lama usaha akan berpengaruh terhadap pendapatan pedagang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah modal usaha dan lokasi dapat berpengaruh terhadap pendapatan dengan lama usaha sebagai variabel intervening.

Penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah pedagang Pasar Warmon sebanyak 822. Sampel penelitian ini adalah 89 responden dengan menggunakan metode slovin. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode path analysis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Variabel modal usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang Pasar Warmon Kabupaten Sorong. (2) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang Pasar Warmon Kabupaten Sorong. (3) Variabel lama usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang Pasar Warmon Kabupaten Sorong. (4) Variabel lama usaha mampu memediasi modal usaha terhadap pendapatan pedagang Pasar Warmon Kabupaten Sorong. (5) Variabel lama usaha mampu memediasi lokasi terhadap pendapatan pedagang Pasar Warmon  Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-01