Meningkatkan Value Produk UMKM Melalui Digital Marketing Di Desa Pagerwojo, Kabupaten Jombang
: Value Produk, Digital Marketing, UMKM Pagerwojo
Abstract
Pelaku UMKM memiliki peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Untuk menghadapi era 5.0, sistem pemasaran harus berubah dari tradisional menjadi digital marketing. Sumberdaya yang dimiliki pelaku UMKM menjadi salah satu faktor yang menentukan bagaimana media sosial dan e-commerce ini dapat di kelola dengan baik yang berimplikasi pada kemungkinan terjadinya kenaikan omset, Penelitian ini menjelaskan bagaimana pemanfaatan media sosial untuk memasarkan produk UMKMĀ di Desa Pagerwojo, sebab Posisi UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran penting dan strategis. Kondisi ini sangat dimungkinkan karena keberadaan UMKM cukup dominan dalam perekonomian Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkenalkan produk UMKM kepada masyarakat luas untuk mencapai potensi pasar yang lebih besar. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 pelaku UMKM di Desa Pagerwojo dalam kualitas dan kemasan produk merupakan faktor penting yang harus diperhatikan agar memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu, pemanfaatan media sosial secara konsisten juga dapat memberikan prospek yang baik untuk meningkatkan angka penjualan produk UMKM di Desa Pagerwojo Kabupaten Jombang. Sistem pemasaran digital yang menyediakan platform jual beli secara daring dapat memudahkan proses pemesanan dan pembelian, sehingga pembeli dapat berinteraksi langsung dengan pemilik UMKM untuk melakukan transaksi.