Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Membeli Produk Shunda Palfon Di Kota Sorong

  • Meysel Sumailili Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bukit Zaitun Sorong
  • James Kastanya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bukit Zaitun Sorong
  • Nurlela Nurlela Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bukit Zaitun Sorong
Keywords: Keputusan Pembelian, Media Sosial, Promosi, Word Of Mouth

Abstract

Keputusan pembelian merupakan tahap dari proses keputusan konsumen yang melakukan tindakan membeli produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan pemasaran. Selain promosi melalui media sosial, Word of Mouth (WOM) juga merupakan salah satu strategi promosi dalam kegiatan pemasaran, yaitu menggunakan media “orang ke orang” yang memiliki rasa puas untuk meningkatkan kesadaran tentang produk dan menghasilkan tingkat penjualan tertentu. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis menetapkan perumusan masalah pada penelitian pengaruh promosi media sosial dan word of mouth  terhadap keputusan membeli produk Shunda Plafon di kota Sorong. populasi dalam penelitian ini adalah,seluruh konsumen yang melakukan transaksi pembelian di toko Shunda Plafon, jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 33 Orang. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Pengaruh promosi media social dengan keputusan membeli  penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial untuk tujuan promosi mempunyai dampak penting dan bermanfaat terhadap keputusan membeli. Keberhasilan suatu pemasaran bergantung pada berbagai faktor, dan promosi menjadi salah satu faktor penentunya, menyadari akan efektivitas dan efisiensi media sosial sebagai media promosi, terutama mengingat jumlah pengguna media sosial yang terus meningkat setiap tahunnya. Promosi media social  (X1). Hasil perhitungan uji regresi untuk variabel promosi media social diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,009. Karena nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka hipotesis pertama (H1) yang menyatakan “terdapat pengaruh promosi media social terhadap keputusan membeli di diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhewi, T. S., Prasasti, A., Kurnianto, M., & Rachmadana, S. L. (2021). How social media marketing activities affect consumer equity: A study in culinary brand with brand equity as a mediating factor. International Journal of Business Ecosystem & Strategy (2687-2293), 3(4), 13-19.
Khairunisa, N. A., & Sabaria, S. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Berwirausaha Digital Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(2).
Lintang, S., Marjuk, Y., Pahmi, P., Hamsiah, H., Sabaria, S., Khairunisa, N. A., ... & Musriani, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Business Plan Menggunakan metode BMC (Business Model Canvas) Pada Bunda Paud Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 6(2), 59-67.
Pahmi, P., Tasrim, T., Jayanti, A., Rachmadana, S. L., Irfan, A., & Alim, A. (2023). Marketing Mix Improves Consumer Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 9(2), 368-384..
Pahmi, P., Tasrim, T., Jayanti, A., Rachmadana, S. L., & Munzir, M. (2023). Marketing Tactics and Corporate Image: The Key to Maintaining Loyalty. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 14(3), 511-526.Handoko, D. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penentuan Penerima Beasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). In Program Studi Teknik Informatika (Vol. 5, Issue 2). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Putra, S. A. A. K., Muhammad, N. I., Fathoni, M., Asmawan, Y. F. A., Hikmah, N., & Rachmadana, S. L. (2024). Penerapan Setrategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pengunjung Pada Wisata Edukasi Kampung Gerabah Pagelaran Di Masa Pandemi Covid-19. PROFICIO, 5(2), 727-734.
Rachmadana, S. L., Putra, S. A. A., & Difinubun, Y. (2022). Dampak Artificial Intelligence Terhadap Perekonomian. FAIR UNIMUDA, 2, 71-82.Aljawarneh, S., Aldwairi, M., & Yassein, M. B. (2018). Anomaly-based intrusion detection system through feature selection analysis and building hybrid efficient model. Journal of Computational Science, 25(1), 152–160. https://doi.org/10.1016/j.jocs.2017.03.006
Rachmadana, S. L. R. L. (2021). Youth Entrepreneurial Spirit In Family Business. Journal of Business and Management Review, 2(11), 772-784.
Rachmadana, S. L., Pahmi, P., Sabaria, S., Hamsiah, H., & De Fretes, I. (2024). Digital Marketing Literacy to Sustain MSME Businesses in Southwest Papua. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 15(1), 44-55.
Simar, A., Rachmadana, S. L., Aprianto, A., Sanaba, H. F., Arifai, L. N., & Khairunisa, N. A. (2024). Perencanaan Bisnis. UNIMUDA Press.
Published
2024-08-22

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.