https://unimuda.e-journal.id/paida/issue/feed PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA 2024-02-22T06:08:46+00:00 Muhammad Muzakki kangzaky92@gmail.com Open Journal Systems <p>PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Agama Islam (PAI) . Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi Pendidikan Agama Islam (PAI). Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus.</p> <p><strong>ISSN : 2962-8172</strong></p> https://unimuda.e-journal.id/paida/article/view/5733 Kontribusi IPNU dan IPPNU Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Nonformal di Kota Sorong 2024-02-22T03:37:43+00:00 Zahranita Iriani zahranita1104@gmail.com Ulil Albab Al Jawad albabhusada645@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kontribusi Organisasi IPNU dan IPPNU dalam pengembangan pendidikan Islam nonformal di Kota Sorong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis data yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi organisasi yang diberikan IPNU-IPPNU dalam pengembangan pendidikan Islam nonformal di Kota Sorong berupa kebutuhan finansial, program kerja, sumbangan ide, tenaga dan juga kepemimpinan. Hal tersebut dapat dilihat dari terlaksananya kegiatan IPNU-IPPNU, seperti: khotmil Qur’an, latihan Al-Barzanji, pengajian bulanan, pelatihan tilawah Qur’an, kegiatan peringatan hari-hari besar Islam. Dalam melaksanakan kegiatan tidak semua dapat berjalan dengan baik, terdapat beberapa factor pendukung serta faktor penghambat. Dari segi faktor pendukung IPNU-IPPNU mempunyai dukungan penuh dari sesepuh maupun pembina, serta badan otonom (banom) PCNU dalam melaksanakan kegiatan dan memiliki beberapa koneksi dari beberapa instansi, sekolah maupun pemerintahan daerah. Adapun faktor penghambat yang dimiliki IPNU-IPPNU yakni berupa kurangnya dana, sikap acuh tak acuh dari masyarakat sekitar, kemajuan teknologi, perizinan dari orang tua, serta jarak yang ditempuh dalam kegiatan. Sedangkan solusi yang diberikan IPNU-IPPNU berupa; melakukan upgrade sistem kelembagaan secara nasional berbasis kinerja (program), profesionalisme organisatoris, adaptasi teknologi, optimalkan program kerja, penguatan kapasitas SDM, serta mengembangkan kemandirian ekonomi.</p> 2024-02-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/paida/article/view/5734 Kepemimpinan Kepala SD Al Irsyad Kota Sorong Dalam Membangun Religiusitas Guru Dan Siswa 2024-02-22T01:22:57+00:00 suhadi suhadi suhadiandung83@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan religiusitas guru dan siswa di SDN Al Irsyad Kota Sorong, dengan fokus pada 1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan religiusitas guru dan siswa di SDN Al Irsyad Kota Sorong; 2) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan religiusitas guru dan siswa di SDN Al Irsyad Kota Sorong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah SD Al Irsyad Kota Sorong adalah pendekatan kepemimpinan yang demokratis. (2) strategi yang diterapkan Kepala Sekolah SD Al Irsyad Kota Sorong dalam mengembangkan religiusitas guru dan siswa di sekolah adalah melalui (1) strategi kekuasaan, (2) strategi persuasif, dan strategi normatif.</em></p> 2024-02-21T09:07:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/paida/article/view/5746 Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas 8 MTS Ma’arif NU 1 Kemranjen, Banyumas 2024-02-22T02:09:01+00:00 Idam Mustofa idammustofa@unida.gontor.ac.id Saiful Anwar saifulanwar@unida.gontor.ac.id Arga Haifah argahaifah30@student.pai.unida.gontor.ac.id Jaziela Huwaida jazielahuwaida@unida.gontor.ac.id Muwahidah Nurhasanah muwahidah@stitmuhngawi.ac.id <p>Beberapa factor yang menyebabkan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran, berpusat pada guru saja dan menggunakan metode ceramah berdampak pada penurunan nilai dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas 8 Mts Maarif NU 1 Kemranjen Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Metode Eskperimen dengan True Experimen design. Populasi kelas 8 Mts Maarif NU 1 Kemranjen Banyumas dan sampel yang berjumlah 68 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dengan bantuan spss 25. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar kelas 8 Mts Maarif Nu 1 Kemranjen Banyumas melalui pretest dan posttest. Peneliti menggunakan uji Mann Whitney dengan nilai sebesar Asymp.Sig (2-tailed) yaitu 0,000 sehingga 0,000 &lt; 0,05 dapat dilihat bahwasannya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan kesimpulan peneliti mengajukan beberapa saran bahwa: 1) Kepada guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran <em>Brainstorming</em> pada pelajaran Fiqih karena terbukti dapat meningkatkan serta mempengaruhi hasil belajar dan nilai siswi. 2) Sekolah atau Lembaga MTS Maarif NU 1 Kemranjen Banyumas agar dapat menginovasi metode pembelajaran yang baik.</p> 2024-02-22T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/paida/article/view/5781 Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Muhammadiyah 2 Aimas 2024-02-22T03:35:40+00:00 Putri Puspitasari Tuhepaly puspitasarituhepaly@gmail.com Abdul Gani abdulganim.hum@gmail.com Ambo Tang ambotang@unimudasorong.ac.id <p>Eksistensi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa memiliki peran fundamental, minimnya pendidikan akhlak menyebabkan degradasi moral yang berdampak serius terhadap tatanan masyarakat dan membuat lembaga pendidikan menjadi terpuruk dan merosot. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa adalah dengan melakukan pembiasaan, keteladanan dan pemberian hukuman.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2024-02-22T03:35:40+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/paida/article/view/5788 Analisis Motivasi Orang Tua Memilih Muhammadiyah Boarding School (MBS) di MTS Muhammadiyah 2 Aimas 2024-02-22T05:37:11+00:00 Mariama Mariama Mariama maryamhusain112@gmail.com Muhammad Muzakki kangzaky92@gmail.com Zulkifli Zulkifli zul7457@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong>: Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, sebab pribadi-pribadi yang unggul dan berkualitas akan terbentuk sesuai dengan tujuan yang diharapkan, dan kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas sumber daya manusia. Era globalisasi tidak hanya memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia, tetapi juga memberikan dampak negatif seperti menurunnya kualitas moral peserta didik, pergaulan bebas, kecanduan <em>gadget</em> dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan orang tua tentang muhammadiyah boarding school (MBS) dan motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di MTs Muhammadiyah 2 Aimas. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah sampel 17 orang yang terdiri dari orang tua, anak, kepala madrasah, dan guru. Metode pengambilan sampel menggunakan <em>purposive</em> <em>sampling</em>. Hasil dari penelitian menunjukan pandangan orang tua mengenai MBS secara umum bagus karena anak mendapat pendidikan, pengawasan, dan pembinaan 24 jam oleh <em>ustad</em> maupun <em>ustazah</em>nya di asrama. Kemudian kegiatan-kegiatan pada program ini dapat membentuk karakternya menjadi lebih mandiri, disiplin dalam menjalankan salat, berperilaku atau berakhlak baik sesuai dengan ajaran Islam dan diharapkan dapat menjadikan anak <em>hafidz</em> maupun <em>hafidzoh</em>. Adapun motivasi orang tua menyekolahkan anak di MTs Muhammadiyah 2 Aimas karena sekolahnya berbasis Islam sehingga anak dapat belajar ilmu agama lebih banyak dengan tetap mendapat pelajaran ilmu pengetahuan umum yang bermanfaat bagi dunia dan akhiratnya.</p> 2024-02-22T05:37:11+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/paida/article/view/5784 Upaya Guru Qur’an Dalam Menangani Problematika Hafalan Al-Qur'an Siswa Kelas VIII DI SMPIT Alam Mutiara Insan Sorong 2024-02-22T06:08:46+00:00 Halisah Halisah halisahsudirman43@gmail.com Arif Pramana Aji arifaji1407@gmail.com Abdul Gani abdulganim.hum@gmail.com <p>Menghafal al-Qur’an tidaklah mudah, kerumitan didalamnya menyangkut ketetapan membaca dan pengucapan tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu guru memiliki peran penting terhadap keberhasilan seorang siswa dalam menghafal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru Qur’an dan hambatan-hambata yang dihadapi guru dalam menangani problematika hafalan al-Qur’an siswa kelas VIII di SMPIT Alam Mutiara Insan. Sekolah tersebut dikenal sebagai Lembaga yang memiliki program unggulan dengan target hafalan al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif &nbsp;lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru Qur’an, siswa kelas VIII dan orang tua siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami, kemudian data analisis dan diambil kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa upaya yang dilakukan oleh guru dalam menangani problematikan hafalan al-Qur’an siswa kelas VIII di SMPIT Alam Mutiara Insan yaitu : 1) Memberikan motivasi dan arahan kepada siswa. 2) Menggunakan metode <em>heuristik</em> dan <em>talaqqi.</em> 3) Relasi guru dan orang tua siswa. 4) Mengingatkan siswa untuk tetap <em>murojaah. </em>Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam menangani problematika hafalan siswa kelas VIII yaitu:1)Terbatasnya waktu pembelajaran. 2) Guru kurang mahir membaca al-Qur’an. 3) Adanya rasa malas pada diri siswa. 4) Adanya siswa yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik. 5) kurangnya motivasi dalam diri siswa. 6) Kurang tertibnya siswa.</p> 2024-02-22T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##