PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD INPRES 46 KLAGETE KOTA SORONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengetahui apakah terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V di SD Inpres 46 Klagete Kota Sorong, dengan melibatkan responden sebanyak 40 siswa menggunakan teknik sampling dengan rumus slovin. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data yakni menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar, dilihat dari thitung > ttabel , 4,389> 2,024, dan berdasarkan nilai sig yakni sebesar 0,00, dimana 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Adapun kualitas pengaruh yang diberikan adalah sebesar (0,336 x 100) = 33,6%, yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas (Lingkungan Sekolah) memiliki kontribusi pengaruh sebesar 33,6% terhadap variabel Y (Prestasi Belajar), sedangkan sisanya yakni 66,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar dari variabel Lingkungan Sekolah.