PENGARUH MOTODE DISKUSI TERHADAP HASIL IPS SISWA KELAS IV SD INPRES 16 KABUPATEN SORONG

  • Indriani Pendidikan Muhammadiyah Salputu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mursalim Mursalim Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Roni Andri Pramita Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Metode Diskusi, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh motode diskusi  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS  kelas IV SD Inpres 16 kabupaten Sorong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttes design. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV  SD Inpres 16 kabupaten Sorong tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara motode diskusi terhadap hasil belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 16 kabupaten Sorong. Hal ini ditunjukan oleh nilai thitung = 4,898, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5%  adalah 0,000. Karena thitung  > ttabel (4,898 > 1,711). Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pada motode diskusi  terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 11(1), 9–16.
Mahartati, I. G. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik dengan Mengoptimalkan Penerapan Model Discovery Learning di SD Negeri 3 Cakranegara.
Hardiarti, I. (2008). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sanggahan dalam Diskusi pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII D SMPN 1 Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Balajar bahasa Indonesia Siswa SMP Di Depok. 1(2).
Juniati, E . (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VI SD N I Badran Kranggan Temanggung.
Ahmad, M. (2018). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar murid pada pelajaran fiqh. 15(1).
Minarni. (n.d.). Penerapan Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN 1 Tonggolobibi Mata Pelajaran IPS. 4(1), 136–149.
Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. 1–11.
Published
2023-12-13