PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWAKELAS IV SD INPRES 15 KABUPATEN SORONG

  • Regina Assem Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mursalim Mursalim Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jusmin Jusmin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jusmin Jusmin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Metode Pembelajaran Team Quiz, Keaktifan Siswa

Abstract

Penelitian bertujuan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Team Quiz Terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 15 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain one group design Study,Sampel yang digunakan adalah 15 siswa kelas V yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Diketahui nilai rata-rata angket tentang penerapan metode Pembelajaran team quiz di Siswa Kelas V Inpres 15 Kabupaten Sorong berada pada interval 56,6. Sedangkan dari perhitungan  rata-rata  keaktifan belajar siswa diketahui  72,2. Berdasarkan data  bahwa Cronboach’s Alpha r11>rtabel yaitu 0,199>0177, maka mengandung arti tes tersebut reliable.Nilai Metode Pembelajaran Team Quiz memiliki nilai signifikansi 0,660> 0,05 dan Nilai Keaktifan Belajar Siswa memiliki  nilai  signifikansi 0,863> 0,05. Karena semua kelas memiliki nilai Asymp. Sig >0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji simultan (uji F), dihasilkan Fhitung8.505 > Ftabel 4.1960, artinya signifikan (df1 = n-2 = 15 – 2 = 13). Signifikan disini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 15 Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, dan Suhardjono dan Supardi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dimyati dan Mujiono. 2010. Belajar dan pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.
Hassibuan, JJ dan Mudjiono.2012.Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. RemajaRosdakarya.
Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
Purnomo Sudjino, Trijoko, Suwarno, Hadi Susanto.2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riyanto.(2009). Paradigma Baru Pembalajaran. Jakarta: Kencana prenada media grup.
Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : RajawaliPress.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Prenada Media Group
Published
2023-12-13