PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWAKELAS IV SD INPRES 15 KABUPATEN SORONG
Abstract
Penelitian bertujuan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Team Quiz Terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 15 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain one group design Study,Sampel yang digunakan adalah 15 siswa kelas V yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Diketahui nilai rata-rata angket tentang penerapan metode Pembelajaran team quiz di Siswa Kelas V Inpres 15 Kabupaten Sorong berada pada interval 56,6. Sedangkan dari perhitungan rata-rata keaktifan belajar siswa diketahui 72,2. Berdasarkan data bahwa Cronboach’s Alpha r11>rtabel yaitu 0,199>0177, maka mengandung arti tes tersebut reliable.Nilai Metode Pembelajaran Team Quiz memiliki nilai signifikansi 0,660> 0,05 dan Nilai Keaktifan Belajar Siswa memiliki nilai signifikansi 0,863> 0,05. Karena semua kelas memiliki nilai Asymp. Sig >0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji simultan (uji F), dihasilkan Fhitung8.505 > Ftabel 4.1960, artinya signifikan (df1 = n-2 = 15 – 2 = 13). Signifikan disini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 15 Kabupaten Sorong.
Downloads
References
Dimyati dan Mujiono. 2010. Belajar dan pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.
Hassibuan, JJ dan Mudjiono.2012.Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. RemajaRosdakarya.
Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
Purnomo Sudjino, Trijoko, Suwarno, Hadi Susanto.2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riyanto.(2009). Paradigma Baru Pembalajaran. Jakarta: Kencana prenada media grup.
Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : RajawaliPress.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Prenada Media Group