HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DI KELAS V SD INPRES 18 KABUPATEN SORONG

  • Tuti Sari Fiamberi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syams Kusumaningrum Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nursalim Nursalim Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan strategi pembelajaran berorientsi aktivitas siswa terhadap keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah one group pretest  posttest design. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres 18 Kabupaten Sorong tahun ajaran 2020/20121 yang berjumlah 8 siswa. pengambilan sampel  dilakukan dengan teknik sampling yaitu Probbability Sampling jenis Random Sampling. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah Tes Soal. Teknik analisis data yang di gunakan uji normalitas, uji reliabilitas dan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pembelajaran berorientasi aktivitas siswa dengan keterampilan menulis di SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Dari hasil pre-test diperoleh hasil mean sebesar 55,12 dan hasil mean post-test sebesar 70,12. Diperoleh hasil signifikasi data pre-test sebesar 0,081 dan 0,081 > 0,05 berarti data pre-test berdistribusi normal, sedangkan data post-test diperoleh hasil sebesar 0,140 dan 0,140 > 0,05 sehingga post-test berdistribusi normal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anatasya, Dhea. Pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Strategi Pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar (2018), hal 6. Cahyani Isah. Kajian Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. (2012), hal 1-2.
Darmiyati Zuhdi, (1999:159). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media POP-UP BOOK.
Santi Dewi. Strategi pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (2017), hal 6.
Gusti Yarmi. Strategi Pembelajaran Menulis Berbasis PAKEM Pada Siswa Kelas Vdi MI Azzaroofah Jakarta Timur.(2010), hal 2-3.
Hartati. Hakikat pembelajaran bahasa indonesia di SD. Strategi pembelajaran bahasa indonesia. (2003), hal 2
Jatmiko. Upaya Strategi Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Plampang Kulon Progo. , (2015), hal 20.
Mahmud. H. Meningkatkan keterampilan menulis dengan teknik RCG (Reka Cerita Gambar) pada siswa kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. (2017), hal 34-35
Muray (2010). Hubungan Pembelajaran Menulis Dengan Hasil Belajar Siswa.
Nurjamal. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Objek Langsung Siswa Kelas V SD Negri Deresan.(2012) hal 30.
Oktovianus. Bahasa yang membentuk jati diri dan karakter bangsa. (2011), hal 10.
Pudiastuti. Hakikat menulis di Sekolah Dasar.Tujuan menulis. (2011), hal 25.
Rahayu, (2010:29). Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar berseri di kelas IV SD N Caturtunggal. (2010), hal 69.
Susanto. Hubungan minat belajar dengan hasil pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. (2016), hal 16-17
Subana dan Sudrajat. Metode Penelitian. (2005), hal 25.
Tarigan. Efektivitas penggunaan model Think Talk Write berbantuan mediakomik strip dalam peningkatan keterampilan menulis dialog sederhana siswa kelas V SD 1 Tritis, 3. (2018). (2008), hal 3.
Vera Sardila, M.Pd. (2015). Strategi pengembangan linguistik terpadu melalui biografi dan autobiografi. Jakarta. Published.
Wahyu Nasarudin. "Penerapan Pembelajaran Menulis di Kelas V Sekolah Dasar Negri 07 Pontianak Utara, (2014), hal 4.
Wibowo. Evektivitas Menggunakan Model Thinking Talk Write dengan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Siswa Kelas V SD Tritias. (2018), hal 40
Wijayanti. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan model pembelajaran kontekstual siswa kelas IV A SD N Jageran Sewon Bantul. (2010), hal 23.
Zulfa. Peningkatan kemampuan menulis cerita melalui jurnal harian siswa kelas IV MI nurul ilmu Bogor.v. (2015), hal 10.
Published
2023-12-13