HUBUNGAN KOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD INPRES 36 KABUPATEN SORONG

  • Supriyati Fatma Rabia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Juliana Wairisal Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Komunikasi Guru, Motivasi Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 36 Kabupaten Sorong.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain ex-post facto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah hubungn komunikasi guru sedangkan variabel terikatnya motivasi belajar  siswa kelas IV SD Inpres 36 Kabupaten Sorong. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan adalah angket. Teknik analisis data terdiri dari 2 tahap yaitu uji normalitas, dan tahap uji hipotesis. Hasil uji realibitas  butir instrument komunikasi guru menggunakan SPSS 0,945, dan motivasi belajar siswa 0,874. Dari analisi data diporoleh uji normalitas Kolmogrof-SmirnovPenelitian ini mengambil seluruh populasi yang ada menjadi sampel dalam penelitian, total sampling sebanyak 20 siswa seluruh kelas IV. Jumlah instrumen yang digunakan adalah angket, untuk variabel x (komunikasi guru) dengan  0,986>0,05, maka data tersebut diporoleh data normal.  Hail uji regresi liniier sederhana dari data diporoleh nilai thitung>(0,6508>0,444), dengan besar taraf sig (2-tailed) 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan H1diterima dan H0ditolak. Artinya terdapat Hubungan komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Bidang Sosial suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta : Jakarta
A.M Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Azzet, Ahmad Muhamimin.(2011). Media Pembelajaran. Ciputat Press : Jakarta
Cangara, Hafied. ( 2012 ). Pengantar Ilmu Komunikasi.PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Chaniago, Nasrul Syakur.( 2011). Manajemen Organisasi. Cipta Pustaka Media Perintis : Bandung
Djamarah, Syaiful Bahri,. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga.Rineka Cipta : Jakarta
Ghozali, Iman. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS. 21 Update PLS regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Iriantara, Yosal.(2013). Komunikasi Pendidikan. Remaja Rosdakarya : Bandung
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada dan Serba Makna. Kencana : Jakarta
Morissan. (2013). Individu Hingga Masa. Kencana Prenada Media Group : Jakarta
M. Yusuf. Pawit. (2009). Ilmu Informasi Komunikasi dan Kepustakaan. Bumi Aksara : Jakarta
Mulyana Deddy. (2014) Ilmu Komunikasi. Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta : Jakarta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfa Bata : Bandung
………… (2012).Metode Penelitian Pendidikan. Alfa Bata : Bandung
…………..(2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfa Bata : Bandung
…………..(2002). Metode Penelitian Pendidikan. Alfa Bata : Bandung
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidkan. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung
Suprapto, Tommy. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. CAPS : Bandung
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa.
PT. Rosdakarya : Bandung
Published
2023-12-13