Model Pembelajaran Block Permainan Bola Volli Pada Siswa Kelas XI SMK Katolik Tunas Bangsa Mimika
Abstract
Pengembangan model block bola volli untuk siswa SMK Tunas Bangsa Mimika secara khusus ada beberapa tujuan yaitu; Mengembangkan dan menerapkan model block bola volli bagi siswa sekolah menengah kejuruan Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan terutama dalam dunia pendidikan jasmani dan kesehatan pada materi permainan bola volli khususnya block. Penelitian pengembangan model block bola volli ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan mengalami, mengerjakan, menanyakan, dan mengamati. Data dapat berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui lembar kuesioner, observasi, wawancara. Data sekunder diperoleh melalui analisis berbagai tipe dokumen. Pada penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran angket evaluasi dari ahli bola volli, ahli pembelajaran pendidikan jasmani, dan hasil uji lapangan oleh siswa mengenai hasil produk yang dikembangkan. dari hasi pengembangan disimpulkan bahwa model pembelajaran bola volli untuk siswa SMK dapat dikembangkan dan sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani.