PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING TERHADAP TEKNIK MENGGIRING BOLA PADA SISWA EKSTRAKULIKULER SEPAK BOLA SMP NEGERI 2 KABARE RAJA AMPAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teaching Game For Understanding terhadap teknik menggiring bola pada siswa ekstrakulikuler SMP Negeri 2 Raja Ampat. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu eksperimen dengan bentuk one grup preetest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sepak bola SMP Negeri 2 Kabare Raja Ampat dengan jumlah 20 orang dengan teknik penarikan sampel total sampling. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan uji t. Berdasarkan hasil penghitungan melalui didapatkan nilai t test yaitu sebesar 31,185. Dengan melihat tabel statistika dimana pada derajat kebebasan dk-(N-1) adalah 19 dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t tabel sebesar 0,05 Dengan demikian nilai dari t test = 31,185 Lebih besar dari nilai t tabel = 0,05 artinya hipotesis diterima dengan arti terdapat pengaruh model pembelajaran Teaching Game for Understanding pada siswa Ektrakurikuler sepak bola SMP Negeri 2 Kabare Raja Ampat.