Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Tactikcal Games Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Delegtukang

  • Alfira Nuril Aissya Alfira2
  • Risdiani Risdiani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Jamaludin Yusuf Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • M. Riski Adi Wijaya Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: Tactical Game Model, Kebugaran Jasmani, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK khususnya materi kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan melalui model pembelajaran Tactical Game Model pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Delegtukang, Wiradesa. Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Delegtukang pada mata oelajaran PJOK khususnya materi aktivitas kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Delegtukang, Wiradesa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri atas 28 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan Kepala Madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi test, dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Tactical Game Model dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Delegtukang, hal tersebut ditunjukkan dari hasil penelitian yang meningkat setiap siklusnya. Pada siklus 1 motivasi siswa mencapai rata raata 34,96 yang mana hasil tersebut masuk kedalam kategori tinggi dan memiliki peningkatan rata rata sebesar 13,32 dari pra siklus. Hasil belajar pada siklus 1 menunjukkan siswa yang belum tuntas sebanyak 9 siswa atau 32%, dan siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa atau 67.9% dan memiliki peningkatan sebesar 14.3% dari pra siklus. Kemudian pada siklus 2 motivasi siswa mencapai rata-raata 36.04 yang mana hasil tersebut masuk kedalam kategori sangat tinggi dan memiliki kenaikan rata rata sebesar 1.08 dari siklus 1. Hasil belajar pada siklus 2 menunjukkan siswa yang belum tuntas sebanyak 4 siswa atau 14.3%, dan siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 85.7% dan memiliki peningkatan sebesar 17.8% dari siklus 1. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 80% untuk hasil motivasi dan peningkatan hasil belajar mencapai 80% ketuntasan, dari penjabaran hasil diatas maka penelitian ini dikatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-29