UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN MURID KELAS V SD NEGERI 375 TANCUNG KABUPATEN WAJO

  • Muhammad Hasbillah
Keywords: Kelentukan pergelangan tangan, Koordinasi mata tangan, Kemampuan service backhand

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, tindakan,
observasi, refleksi dan penerapan pendekatan bermain dalam upaya
meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada murid kelas V SD
Negeri 375 Tancung Kabupaten Wajo. Penelitian ini merupakan
penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali
pertemuan pada siklus I dan siklus II, dan dirancang melalui empat
tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Data
penelitian ini adalah kemampuan dasar lompat jauh sebagai data
psikomotor, nilai soal-soal latihan sebagai nilai kognitif dan
pengamatan sebagai data afektif. Sumber data penelitian ini adalah
murid kelas VSD Negeri 375 Tancung Kabupaten Wajo yang
berjumlah 34 orang. Pengumpulan data kemampuan lompat jauh
dengan menggunakan lembar penilaian teknik awalan, tolakan,
melayang di udara, dan mendarat serta lembar penilaian pilihan
ganda pada siklus I dan siklus II, data yang terkumpul dianalisis
secara kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar lompat
jauh menunjukkan bahwa jumlah murid yang tuntas pada siklus I
adalah 24 orang dengan persentase 70,59% dan jumlah murid yang
tuntas pada siklus II adalah 32 orang dengan persentase 94,12%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran pendidikan jasmani melalui pendekatan bermain pada
pembelajaran lompat jauh dapat meningkatkan hasil belajar lompat
jauh murid kelas V SD Negeri 375 Tancung Kabupaten Wajo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-19