Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru Melalui Permainan Persegi Geser Siswa SMP Negeri 3 Kota Sorong

  • Muhammad Saleh Saleh

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk mencari upaya peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa SMPN 3 Kota Sorong dalam mengikuti pembelajaran tolak peluru. Penelitian Tindakan Kelas ini berlangsung selama dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-D SMPN 3 Kota Sorong, Propinsi Papua Barat tahun pelajaran 2021-2022. Disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan permainan persegi geser sangat baik digunakan untuk mengajarkan tolak peluru karena terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan mempercepat  dalam mencapai hasil belajar.Hasil belajar olahraga tolak peluru yang dicapai adalah 3 domein yakni: keterampilan, pengetahuan, dan sikap/perilaku. Demikian juga data angket yang diperoleh dari hasil postes cenderung lebih baik dan meningkat dibanding pretes.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-06