Pertimbangan Guru dalam Memberikan Penilaian Mata Pelajaran PJOK Berdasarkan Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Sorong
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu peneliti ingin menggali dan mencoba mengetahui persentase penilaian guru terhadap mata pelajaran PJOK yang meliputi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang menganalisis data penyebaran kuisioner/angket melalui metode kuantitatif. Berdasarkan data penelitian dapat dijelaskan bahwa penilaian ranah kognitif siswa yang dimana terdapat beberapa indikator diantaranya mengingat, memahami/mengerti, menerapkan/mengaplikasikan dan menganalisi guru PJOK memberikan pertimbangan presentase sebesar 81,52%. Untuk penilaian ranah afektif siswa yang terdapat beberapa indikator yaitu sikap sosial dan sikap kepribadian guru PJOK memberikan pertimbangan penilaian dengan persentase sebesar 84,72%. Sementara pada penilaian ranah osikomotorik siswa yang terdapat beberapa indikator diantaranya keterampilan meniru, menyusun, ketepatan, artikulasi dan naturalisasi gerak guru PJOK memberikan pertimbangan dengan persentase sebesar 83,72% .
Kata Kunci: Penilaian guru PJOK, Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Ranah Psikomotorik
The aim of this research is that researchers want to explore and try to find out the percentage of teachers' assessments of PJOK subjects which cover three aspects, namely cognitive, affective and psychomotor students. The method used in this research is a survey method which analyzes questionnaire/questionnaire distribution data using quantitative methods. Based on research data, it can be explained that the assessment of students' cognitive domains, where there are several indicators, including remembering, comprehending, applying and analyzing, PJOK teachers provide a percentage consideration of 81.52%. For assessing students' affective domain, there are several indicators, namely social attitudes and personality attitudes, PJOK teachers provide assessment considerations with a percentage of 84.72%. Meanwhile, in the assessment of students' oscomotor domain, there are several indicators, including imitation skills, composing, accuracy, articulation and naturalization of movements, PJOK teachers give consideration with a percentage of 83.72%.
Key Words: PJOK teacher assessment, Cognitive Domain, Affective Domain, Psychomotor Domain