Pengaruh Latihan Terstruktur Terhadap Kemampuan Passing Permainan Futsal Pada Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Kabupaten Sorong
Abstract
Hasil penelitian dan uji hipotesis membuktikan bahwa rata-rata selisih nilai kemampuan passing futsal pada siswa sebelum diberikan latihan passing tetap adalah 7,2 sedangkan setelah diberikan latihan passing tetap nilai kemampuan passing adalah 9,6 sehingga terjadi peningkatan. Sedangkan berdasarkan hasil penguji hipotesis membuktikan bahwa rata-rata selisih nilai kemampuan passing futsal pada siswa sebelum diberikan latihan Passing berubah adalah 7,8 sedangkan setelah diberikan latihan passing berubah nilai kemampuan passing futsal siswa adalah 9,8 sehingga terjadi peningkatan. Dari perhitungan statistic t hitung untuk latihan dan Passing tetap = 21,81 dengan menggunakan taraf signifikan 5 % dari d.b = (N-1) = 10 – 1 = 9 diperoleh nilait tabel= 2,262. Hal ini berarti bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau 21,81> 2,262 atau peningkatan antara pre-test dan post-test adalah 24 dengan mean deviasi sebanyak 2,4. Dengan peningkatan presentase sebesar 33,33 %. Dari perhitungan statisik thitung untuk latihan passing berubah = 10 dengan menggunakan taraf signifikan 5% dari d.b=(N-1)=10–1=9 diperoleh nilait tabel = 2,262. Hal ini berarti bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau 10 > 2,262 atau peningkatan antara pre-test dan post-test adalah 20 dengan mean deviasise banyak 2 dengan peningkatan presentase sebesar 25,64 %
Kata kunci : LatihanTersrtuktur, Passing
ABSTRACT
Based on the results of research and hypothesis testing, it is proven that the average difference in futsal passing ability scores for students before being given passing training remains 7.2. Meanwhile, after being given passing training, the passing ability value remained 9.6, so there was an increase. Meanwhile, based on the results of the hypothesis testers, it was proven that the average difference in futsal passing ability scores for students before being given the Passing training changed was 7.8. Meanwhile, after being given passing practice, the student's futsal passing ability value changed to 9.8, resulting in an increase. From the calculation of the calculated t statistic for training and passing, it remains = 21.81 using a significance level of 5% from d.b = (N-1) = 10 – 1 = 9, the t table value = 2.262. This means that the calculated t value is greater than the t table or 21.81 > 2.262 or the increase between pre-test and post-test is 24 with a mean deviation of 2.4. With a percentage increase of 33.33%. From statistical calculations, t for passing practice changes = 10 using a significance level of 5% from d.b = (N-1) = 10 – 1 = 9, the t table value = 2.262. This means that the calculated t value is greater than t table or 10 > 2.262 or the increase between pre-test and post-test is 20 with a mean deviation of 2 with a percentage increase of 25.64%
Keywords: Structured Training, Passing