PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP LAB. SCHOOL UNIMUDA PULAU ARAR

  • Fathurrahman Fathurrahman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Amanah Mutia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Febrian Andi Hidayat Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW), HASIL BELAJAR, SISWA SMP LAB. SCHOOL UNIMUDA PULAU ARAR

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar  IPA dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R. Penelitian ini dilaksanakan di  kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Pulau Arar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Postest Only Control Group Design. Kelompok eksperimen menggunakan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite dan review). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik  kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Pulau Arar yang berjumlah 34 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Total Sampling yakni pengambilan sampel secara menyeluruh karena dengan pertimbangan bahwa jumlah populasi kurang dari 100. Berdasarakan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan a) Hasil belajar IPAa peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R pada kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Sorong pada aspek kognitif secara umum berada pada kategori tinggi b) Hasil belajar IPAa peserta didik yang diajar secara konvensional pada kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Sorong pada aspek kognitif secara umum berada pada kategori sedang. c) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R pada kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Sorong  secara umum berada pada kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, 2009, Dasar –Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Ariyunita, Nurisa, 2009, Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Kartasura Semester II pada Pokok Bahasan “Ekosistem”, Skripsi, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Armila, Andi. 2014. Penerapan Model Addie terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik SMA Negeri 3 Bulukumba: Universitas Negeri Makassar.Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.Ennis. 1996. The Nature of Critical Thingking: An Outline of Critical Thingking Disposition and Abilities.Diakses pada http://faculty.ed.uiuc.edu/rhennis.

Haling, Abdul, 2007, Belajar dan Pembelajaran, Badan Penerbit UNM, Makassar.

Hidayat, F. A., & Fathurrahman, F. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Lab. STKIP Muhammadiyah Arar pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Diagram Alir dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i1.213

Hidayat, F. A., & Fathurrahman, F. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Diskusi-Simulasi Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–29. Retrieved fromhttps://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/361

Irianti M., Rumakwai I. (2019). Pengaruh Media Audio Visual dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Biolearning Journal, 6 (1).

Nanda, P., Armen., Gustina, I. 2013. Penerapan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 4 Padang.(Online): http://www.e-book.pdf. Diakses pada tanggal 5 September 2015.Nur, 2000, Teori Belajar,Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.Nur, Muhammad, 2009, Membaca Cepat Metode SQ3R,(www.Muhammad Noer.com/methods sq3r.htm. diakses 12 Mei 2011)

Pidarta, M. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Ruslan. (2009). Validitas Isi.Makassar: Buletin LPMP Sulawesi Selatan Pa'biritta Media Informasi & Komunikasi Pendidikan.Subana, 2000, Statistik Pendidikan, Pustaka Setia Bandung, Bandung.

Sudarman, 2009, Peningkatan Pemahaman dan Daya Ingat Siswa melalui Strategi Preview, Question,

Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R),Skripsi, FKIP Universitas Mulawarman, Samarinda.

Sutomo E., Fathurrahman. (2019). Analisis Miskonsepsi Calon Mahasiswa Prodi IPA dan Biologi pada Materi Struktur Atom sebagai Persiapan Pembelajaran Kimia Dasar di STKIP Muhammadiyah Sorong Tahun Akademik 2017. Biolearning Journal, 6 (2).

Published
2020-01-31
How to Cite
Fathurrahman, F., Mutia, A., & Hidayat, F. (2020). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP LAB. SCHOOL UNIMUDA PULAU ARAR. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 1(1). https://doi.org/10.36232/basa.v1i1.541