PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP LAB. SCHOOL UNIMUDA PULAU ARAR

  • Fathurrahman Fathurrahman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW), HASIL BELAJAR, SISWA SMP LAB. SCHOOL UNIMUDA PULAU ARAR

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar  IPA dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R. Penelitian ini dilaksanakan di  kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Pulau Arar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Postest Only Control Group Design. Kelompok eksperimen menggunakan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite dan review). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik  kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Pulau Arar yang berjumlah 34 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Total Sampling yakni pengambilan sampel secara menyeluruh karena dengan pertimbangan bahwa jumlah populasi kurang dari 100. Berdasarakan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan a) Hasil belajar IPAa peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R pada kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Sorong pada aspek kognitif secara umum berada pada kategori tinggi b) Hasil belajar IPAa peserta didik yang diajar secara konvensional pada kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Sorong pada aspek kognitif secara umum berada pada kategori sedang. c) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R pada kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Sorong  secara umum berada pada kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-31