PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP LAB. SCHOOL UNIMUDA PULAU ARAR
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Pulau Arar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Postest Only Control Group Design. Kelompok eksperimen menggunakan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite dan review). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Pulau Arar yang berjumlah 34 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Total Sampling yakni pengambilan sampel secara menyeluruh karena dengan pertimbangan bahwa jumlah populasi kurang dari 100. Berdasarakan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan a) Hasil belajar IPAa peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R pada kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Sorong pada aspek kognitif secara umum berada pada kategori tinggi b) Hasil belajar IPAa peserta didik yang diajar secara konvensional pada kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Sorong pada aspek kognitif secara umum berada pada kategori sedang. c) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R pada kelas VIII SMP Lab. School UNIMUDA Sorong secara umum berada pada kategori tinggi.