Pengembangan LKPD Gaya dan Gerak dengan PhET Simulation di SMPN 4 Raja Ampat

  • Siti Rahma Macap Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Endra Putra Raharja Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mustika Irianti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: PhET Simulation, LKPD, Gaya dan Gerak

Abstract

Pengembangan LKPD memanfaatkan PhET Simulation pada materi gaya dan gerak di SMP Negeri 4 Raja Ampat dilatarbelakangi oleh belum diterapkannya media pembelajaran ini di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKPD yang dikembangkan dengan PhET Simulation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data melibatkan lembar validasi ahli media dan ahli materi, serta angket respon peserta didik. Hasil validasi ahli media menunjukkan persentase kelayakan 75% (Layak) dari ahli pertama dan 98% (Sangat Layak) dari ahli kedua. Validasi ahli materi menunjukkan persentase 91% (Sangat Layak) dari ahli pertama dan 85,2% (Sangat Layak) dari ahli kedua. Respon peserta didik menunjukkan ketertarikan yang sangat tinggi terhadap LKPD dengan PhET Simulation, dengan skor keseluruhan 298. Persentase respon siswa bervariasi dari 61,1% hingga 100%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan LKPD memanfaatkan PhET Simulation pada materi gaya dan gerak sangat layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astalini, Darmaji, & Dkk. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 71-75.

Bhakti, Y. B., & Napis. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Physics Interactive Simulation. Jurnal Pendidikan Fisika, 124-130.

Diva, K. S., & Imam, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis PhET Simulation Pada Materi Gerak Harmonik. PANDIPA Journal of Science Education, 98-104.

Elka, P. H. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Untuk Pembelajaran Konsep Mol Di Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 178.

Hidayat, F. A., & Astutik, H. S. (2019). Virtual laboratory development as ICT based learning media in acid and basic titration learning. In Proceedings of the International Conference of Science, Technology, and Multicultural Education (Vol. 1, pp. 173-183). http://dx.doi.org/10.4108/eai.25-6-2019.2294281

Irianti, M., & Putra, T. Y. (2021). Analisis persepsi mahasiswa Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong terhadap pembelajaran daring selama masa Covid-19. Jurnal Pendidikan, 9(2), 92-101.

Muzana, S. R., & Dkk. (2021). Penggunaan Simulasi PhET Terhadap Efektivitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 227-236.

Prihatiningtyas, S., & Dkk. (2013). Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 18-22.

Raharja, E.P., Ishafit., & Kusiana, R. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Gerak Melingkar untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 151-157. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIPFI

Raharja, E. P., Irianti, M., Lestari, R. D., & Kabes, Y. (2024). Development of a physics experiment module based on smartphone sensors on mechanics for high school students. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v11i1.634

Rimosan, N., Raharja, E., & Sutomo, E. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) memanfaatkan PhET simulation pada materi hukum Ohm. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 4(1), 25-34. Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/basa/article/view/4594

Sutomo, E., Eriyanti, R. W., & Hudha, A. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 214-221. https://doi.org/10.31849/bl.v10i2.16326

Triena, S. T., & Dkk. (2020). Eksperimen Menggunakan Virtual Lab Berbasis PhET Simulation Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan Fisika, 128-135.

Yola, M. (2021). Pengembangan LKPD Berbantu PhET Simulation Pada Materi Kesetimbangan Kelarutan di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kimia, 58.

Yulia, I., & Dkk. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumpulan Fisika, 64-70.

Published
2024-06-30
How to Cite
Macap, S., Raharja, E., & Irianti, M. (2024). Pengembangan LKPD Gaya dan Gerak dengan PhET Simulation di SMPN 4 Raja Ampat. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 5(1), 39-47. https://doi.org/10.36232/basa.v5i1.6700