Analisis Usaha Peternakan Ayam Broiler: Studi Kasus Peternak Mandiri di Kelurahan Maklalut

  • Rosi Fahrunningsih
  • Rinda Septiningrum Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Analisis usaha, broiler, BEP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usaha peternakan ayam broiler mandiri di Kelurahan Maklalut. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data analisis usaha ini adalah metode wawancara langsung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa biaya produksi pemeliharaan ayam broiler per periode (30 hari) sebesar Rp. 38.067.273 dan penerimaan sebesar Rp. 45.750.000 sehingga laba yang diperoleh sebesar Rp. 7.682.727 dengan nilai R/C yang diperoleh sebesar 1,20.  Ratio Analisis BEP juga menunjukkan hasil bahwa bisnis ini mengalami laba karena harga jual dan jumlah produksinya lebih besar dari nilai BEP harga Rp. 39.245 dan BEP produksi 820 ekor, sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis ini dapat diimplementasikan dan dikembangkan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrizal, 2011. Analisis Finansial Usaha Peternakan Ayam Broiler di Peternakan Karisa Kelurahan Simpang Batu Kecamatan Tampan Kota Pekan Baru. Skripsi. Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Dian, Krisno A. Richo., 2013. Kelayakan Usaha Budidaya Ayam (Analisis Biaya Manfaat dan BEP pada Keanu Farm, Kendal). Skripsi. Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Mulyadi, P. 2001. Evaluasi Proyek. Liberty. Yogyakarta.
Payman, S. 1993. Pengantar Ekonomi Proyek. Gramedia. Jakarta.
Santoso. 1991. Pengantar Ekonomi Makro. LP3ES. Jakarta.
Soekartawi. 2001. Agribisnis – Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Solikhin, 2011. Manajemen Ayam Broiler di Peternakan UD. Hadi PS Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjp. Tugas Akhir, Program Diploma III Agribisnis Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Yunus, Muhammad., 2007. Analisis Usaha Peternakan Ayam Broiler (Studi Kasus pada Usaha Peternakan Ayam Broiler di Kelurahan Borongloe, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa). Jurnal Agrosistem.
Published
2021-05-16