Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan calon guru SD terhadap implementasi Asesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional (AN). Pengetahuan tersebut meliputi sistem pelaksanaan AN, peserta AN khususnya di jenjang Sekolah Dasar, aspek-aspek yang dinilai dalam AN, dan persentase kesiapan calon guru SD sebagai pelaksana AN. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasinya adalah calon guru SD pada Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021. Adapun jumlah sampelnya 50 calon guru SD semester 6. Instrumen yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan calon guru SD khususnya semester enam belum memadai dimana hanya sekitar 33,3% calon guru yang telah mengetahuinya secara tepat. Pengetahuan calon guru dalam implementasi AN diperoleh hanya 41,7% yang menjawab secara benar dan tepat. Adapun pengetahuan akan perlunya dilaksanakan AN diperoleh 29,2% yang telah mengetahui secara tepat perlunya implementasi AN. Sedangkan untuk kesiapan calon guru SD sendiri dalam implementasi AN adalah 62,5% menyatakan siap. Simpulan penelitian ini adalah masih banyak calon guru SD yang belum mengetahui AN secara tepat dan calon guru SD yang masih belum siap dalam melaksanakan AN.
Downloads
References
Albertus Adit. 2019. UN Tidak Dihapuskan Tapi Sistemnya Diganti, Ini Pernyataan Nadiem Terbaru. Kompas, 13 Desember 2019.
Anas, M, dkk. 2021. Pengembangan Kemampuan Guru Ekonomi di Kediri melalui Kegiatan Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Universitan Nusantara PGRI Kediri. Renggnanis Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1), 48-5 7. Diakses dari: https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Renggans/index
Andriani, Juli dkk. 2018. Analisis Kesiapan Guru Kelas dalam Implementasi Penilaian Otentik Pada Kompetensi Ranah Sikap di SD Negeri Kecamatan Tebing Tinggi Kota. Universitas Negeri Medan hal 172-182. Diakses dari: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/rticle/view/12566
Aisah, Heti, dkk. 2021. Implementasi Kebijakan Asesmeen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. 1 (2), 128-135. Diakses dari: http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/
Ayunda Pininta Kasih. 2020. Tahun Depan UN Diganti Asesmen Nasional, Ini Penjelasan Mendikbud. Kompas, 7 Oktober 2020.
Dikdasmen Kemendikbud. 2020. Sosialisasi Asesmen Nasional. Bidang Penilaian Direktorat SMA Dirjen PAUD.
Khasanah, E. R. 2015. Pelaksanaan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SD Kota Mojokerto. Universitas Negeri Malang. Diakses dari: https://library.um.ac.id/ptk/index.php mod=detail&id=69263
Kemendikbud. 2020. Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021. Jakarta: Balitbang dan Perbukuan.
Kurnia, Tommy. 2019. Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Membaca, Sains, dan Matematika. Liputan 6, 4 Desember 2019.
Mustaghfiroh, Siti. 2020. Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. 3 (1), 141-147. http://doi.org/10.30 605/jsgp. 3. 1.2020.248
Muta’ali, Jihad Ahmad. Opini Masyarakat tentang Asesmen Nasional sebagai Pengganti Ujian Nasional. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari:https://www.academia.edu/44296048
Nehru, Nio Awandha. Asesmen Kompetensi sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional Pendidikan Indonesia: Analisis Dampak dan Problem-Solving Menurut Kebijakan Merdeka Belajar. Universitas Islam Balitar Blitar. Diakses dari: https://www.academia.edu/42222001
Novita, Nanda. dkk. 2020. Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. 5 (1), 172-179. Diakses dari: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
Peraturan Menteri Pendidikan No. 104 Tahun 2014 Pasal 1 Tentang Hasil Belajar
PUSMENJAR KEMENDIKBUD. 2021. Mekanisme Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021. Disampaikan pada Rapat Koordinasi Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2021 di Bandung, 2-27 Februari 2021.
Rokhim, Deni Ainur, dkk. 2021. Analisis Kesiapan Peserta didik dan Guru pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar). 4 (1), 61-71. Diakses dari: http://jornal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Sari, Ayang, dkk. 2020. Penghapusan Ujian Nasional Tahun 2021 dalam Perspektif Guru SMA di Kota Tefbing Tingi. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020 hal 213-219. Diakses dari: http://digilib.unimed.ac.id/41244/1/Fulltext.pdf
Sugiri, Wiku Aji dan Sigit Priatmiko. 2020. Perspekif Asesmen Autentik sebagai Alat Evaluasi dalam Merdeka Belajar. 4 (1), 53-61. P-ISSN: 2579-625. Diakses dari: https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/119
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yuliatri, Rury. 2020. Berikut 3 Aspek Penilaian Asesmen Nasional Pengganti UN 2021. Disdik Jabar, 12 Oktober 2020.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Bab XVI tentang sistem pendidikan Nasional pasal 51 dan 59.
Yusuf. A. Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.