Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif

  • Yuni Budyastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Konstruktivisme; Pembelajaran Daring; 5M.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan teori konstruktivisme yang terkait dengan pembelajaran daring interaktif di SMP Negeri 1 Pabelan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan study pustaka. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran kelas VIII, dan siswa kelas VIII sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dan wawacara. Hasil dari penelitian ini, siswa dapat mengonstruksi pemahamannya melalui pembelajaran daring dengan berbantuan media whatsapp seperti mengajukan pertanyaan melalui chat, atau voice note, mengerjakan tugas secara langsung melalui share link dari guru, memberikan feedback atau koreksi ke siswa dengan melampirkan bukti screenshoot, dan menyimpulkan materi secara bersama-sama dengan meminta siswa mengirimkan foto hasil rangkuman materi dan dibagikan pada chat grup, serta guru menambahkan, menjelaskan dengan disertai lampiran materi berupa doc, PPT, dan e-modul. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran daring menunjukkan proses interaktif yang sangat baik antara guru dan siswa SMP Negeri 1 Pabelan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinoto, P. (2019). Pengaruh Kegiatan Awal Pembelajaran, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110

Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas Viii. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77.

Dewangga, G. S. (2018). Aspek Pengetahuan Dalam Tuturan Bertanya Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaranaspek Pengetahuan Dalam Tuturan Bertanya Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaran. Diksi, 25(1). https://doi.org/10.21831/diksi.v25i1.18850

Dewi, R. E. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas Erni. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(April), 29. https://www.readcube.com/articles/10.26858%2Fpembelajar.v2i1.5442

Hadi, B. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran Universitas Sebelas Maret, November, 36–44.

Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make-a Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 199–212.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457

Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88–97. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf

Nidawati. (2013). tingkah laku yang tidak bisa secara langsung dapat diamati karena perubahan tersebut bersifat potensial, disamping itu perubahan tingkah laku itu bisa berupa dari hasil latihan atau pengalaman, dan pengalaman itulah yang akan memberikan dorongan untuk men. 1, 13–28.

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Fitrah, 03(2), 333–352.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Ruhimat, T. (2010). Prosedur Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–30. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/195711211985031-TOTO_RUHIMAT/Prosedur_pembelajaran_di_SD.pdf

Singh, S., & Yaduvanshi, S. (2015). Constructivism in Science Classroom: Why and How. International Journal of Scientific and Research Publications, 5(3), 1–5. www.ijsrp.org

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Deepublish.

Sujarwanto, -. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Pada Materi Ciri-Ciri Mahluk Hidup Di Kelas Iii a Sd Negeri Keputran. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 69–80. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2357

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Tahrun. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA KELAS MAYA. 34–45.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55

Tuti, F. M., Musriandi Riki, & Suryani Linda. (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di. Dedikasi Pendidikan, 8848(2), 193–200.

Published
2021-07-21