Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

  • Retno Primantiko Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Asrul Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Abdul Rachman Tiro Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Discovery Learning; Motivasi; Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Hasil data yang didapat pada penelitian ini selajutnya diuji normalitas dan homogenitasnya sebagai uji prasyarat untuk melakukan uji hipotesis. uji hipotesis yang digunakan independent sampel t-test dan n-gain. Berdasarkan hasil analisis data  diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong dengan nilai thitung (4.308) > ttabel (1.685) pada taraf signifikansi 5%. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong dengan nilai nilai thitung (3.574) > ttabel (1.685) pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Discovery Learning memberikan pengaruh terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres 12 Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifuddin, R., Yulianto, A., & Alman, A. (2021). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD YPK 4 Pniel Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 55-61.

Asrul, A., Tiro, A. R., & Risakotta, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 37-42.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tentang sistem pendidikan nasional.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Faan, E. M., Yulianto, A., & Asrul, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 69-75.

Nadhiroh, N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fikih Peserta Didik Kelas IV MI Manba’ul 'Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung.

Pangaribowo, D. ., Keliat, N. ., Sastrodihardjo, S., & Hutangoal, D. . (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Permainan Smart Case untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Kristen 2 Salatiga. Bioedukasi, 10(1), 47–57.

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.350.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2011). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174.

Rahman, E. P., Asrul, A., & Ramadhani, I. A. (2019). Pengaruh Media Animasi pada Pembelajaran Suhu dan Kalor terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 14 Waigama. Jurnal Pendidikan, 7(2), 21-28.

Sani, A. R. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksar.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Cetakan ke). Bandung: CV. Alfabeta.

Sumarniti, N. N., Arcana, I. N., Wibawa, I. C. (2014). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V di SD Gudus VII Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014, 2(1).

Yulianto, A. (2018). Pengaruh Discovery Learning Berbasis Lingkungan terhadap Pemahaman Konsep Ekosistem ditinjau dati Keaktifan Peserta Didik Kelas V SDN 135 Salebbo Mario Sulawesi Selatan.

Published
2021-07-17