Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Sumogawe 01 Kab. Semarang

  • Nuryati Nuryati Prodi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Prodi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Konstruktivisme, Pembelajaran, Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pendekatan Kontruksivisme dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu  di SD Negeri Sumogawe 01, Kab.Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada guru dan peserta didik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument Analisis data dilakukan dengan (1) Reduksi data; peneliti melakukan proses pemilihan atau seleksi, pemusatan perhatian atau pemfokusan, penyederhanaan, dan pengabstraksian dari semua jenis informasi yang mendukung data penelitian, (2) Sajian data; sekumpulan informasi yang memberi kemungkinan kepada peneliti untuk menarik simpulan dan pengambilan tindakan, (3) Penarikan Simpulan/Verifikasi; Peneliti harus berusaha menemukan makna berdasarkan data yang telah digali secara teliti, lengkap, dan mendalam. Teknik penilaian untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi. Triangulasi yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pendekatan kontruksivisme untuk memadukan muatan pelajaran menjadi satu tema, (2) Guru dapat menanamkan pemahaman peserta didik tentang pembelajaran tematik, (3) Pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru, tetapi mengaktifkan peserta didik untuk belajar. Kesimpulan Aliran konstruktivisme berpandangan bahwa belajar merupakan hasil konstruksi peserta didik terhadap pengalaman belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 8285(November), 124–132.

Anu Beatrix, Ruminitai, F. (2017). Pendekatan konstruktivistik dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Prosiding TEP & PDs, Tema: 6 Nomor: 10 Bulan Mei Tahun 2017, 630–636.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf

Fitriadi, M., & Sabri, T. (2018). Pengaruh pendekatan konstruktivistik terhadap perolehan belajar tematik peserta didik kelas iv sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7, 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/28841

Fitriadi, M., & Sabri, T. (2019). Penggunaan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Tematik di SD/MI. Jurnal El - Hamra, 4(2), 65–71. http://ejournal.el-hamra.id/index.php/el/article/view/14

Liadi, H. F., Darim, H. A., & Warjuningsing, T. (2018). Penerapan pendekatan konstruktivisme sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman interpretatif bagi siswa. Jurnal Transformatif, 2(1), 17–26. http://e-journal.iain palangkaraya.ac.id/index.php/TF%0AVol.

Muhsinin, U., Musyaddad, K., & Azim, F. (2019). Keywords : Integrative thematic , character Kata Kunci : Tematik integratif , karakter PENDAHULUAN Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang memiliki nilai edukatif ( Bahri , 2010 ). Pembelajaran bukan lagi usaha untuk menyampaikan pengetahuan tetapi ju. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(I), 51–68. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3626

Rahmawati, Chumdari, K. (2021). Analisis penggunaan media dalam pembelajaran tematik ditinjau dari teori belajar konstruktivisme di kelas v sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(449). https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/48975

Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1–12. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/199

Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). JTP2 IPS, 1(Vol 1, No.1; April 2016), 39–44. http://journal2.um.

Published
2021-07-16