Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky

  • Aditya Rini Kusumaningpuri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: RADEC; Konstruktivisme Vygotsky; ZPD.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Disscuss, Explain, and Create) dalam perspektif filsafat konstruktivisme Vigotsky. Penelitian ini menggunakan library research atau penelitian kepustakaan berdasarkan data-data kepustakaan, yaitu mengkaji model belajar RADEC dan filsafat konstruktivisme vigotsky yang dilakukan dengan menggunakan literatur berupa aturan yang mendukung dalam menganalisis topik penelitian. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mengeksplorasi dan memberikan argumen yang berkaitan dengan model pembelajaran RADEC dengan analisis filsafat konstruktivisme vigotsky. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran RADEC melalui sintak-sintaknya sesuai dengan teori konstruktivime Vigotsky dimana kemampuan aktual siswa terlihat ketika menyelesaikan tugas tanpa bantuan oarang lain dan kemampuan potensial siswa terlihat ketika menyelesaikan tugas dengan bantuan oarang lain. Sedangkan ZPD merupakan daerah antara kemampuan aktual dan kemampuan potensial. Selama proses pembelajaran dengan model RADEC terjadi pemagangan kognitif (cognitive apprenticeship) yaitu proses dimana seseorang belajar tahap demi tahap dari mulai read (R)sampai create(C) untuk memperoleh pengetahuan melalui interaksi dengan ahlinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU. 5(3), 1435–1443.

Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. 5, 1809–1815.

Kholifah, U. (2020). PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBANTUAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS TEKS EKSPLANASI BAHASA INDONESIA KELAS V SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Mangun Wardoyo Sigit, Pembelajaran Konstrutivisme Teori dan Aplikas Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter, Bandung: Alfabeta, 2013.

Mai, F. R. (2019). Analisis Kemampuan dalam Menentukan Ide Pokok pada Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SD Se-Gugus 4 Kecamatan Klojen Kota Malang. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Martini, S. (2019). Landasan Filsafat Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Biologi and Pendidikan Biologi, 3(2), 88–99.

M. Nugroho Adi Saputro, P. L. P. (2021). MENGUKUR KEEFEKTIFAN TEORI KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN. 4, 16.

Muhibin, M., & Hidayatullah, M. A. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai Di SMA Sains Qur`An Yogyakata. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 113. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1423

Payong, M. R. (2020). Zona Perkembangan Proksimal dan Pendidikan Berbasis Konstruktivisme Sosial Menurut Lev Semyonovich Vygotsky. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 164–178.

Pohan, A. A., Abidin, Y., Sastromiharjo, A., & Indonesia, U. P. (2019). MODEL PEMBELAJARAN RADEC. 496.

Pratama, et. a. – Jin. (Jurnal I. P. 6(2) (2020). (2015). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar Jurnal Inovasi Pembelajaran (JINoP). JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441

Rangkuti, A. A. (n.d.). Teori pembelajaran konstruktivisme. 1–15.

Rimayanti, A. I., & Jaja, J. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPLANASI BERDASARKAN BERITA MEDIA MASSA CETAK. Jurnal Tuturan, 7(2), 857-862.

Rizky Wahyuning Esa, Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbantuan Media Video Kelas VII Di SMPN 87 Jakarta, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2017. PDF

Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 130-140.

Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding Pada Zone Of Proximal Development ( ZPD ) Dalam Pembelajaran. Widyacarya, 4(1), 79–92.

Sundari, F. S. (2020). Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Lesson Study dan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Ditinjau Dari Minat Belajar (Penelitian Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri se-Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020).

Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah [Dissemination and Implementation Workshop of RADEC Learning Models for Primary and Secondary Education Teachers]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 19. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Wahyu Sopandi, C. A., & PPPPTKIPA, *1). Prodi Pendas SPS-UPIbandung; 2). (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN RADEC Oleh: Wahyu Sopandi* 1) , Chaerun Anwar 2) *1).

Yulistiani, D., & Indihadi, D. Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228-234.

Published
2021-07-17