Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

  • Nuryati Nuryati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Darsinah Darsinah Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Kognitif; Jean Piaget; Pembelajaran Matematika; Sekolah Dasar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih jauh tentang teori perkembangan kognitif oleh Jean Piaget terhadap pembelajaran matematika sesuai tingkat berfikir anak pada tahap usia Sekolah Dasar. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah lainnya. Teknik pengumpulan datanya adalah Studi Pustaka. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak pada tahap usia operasional konkret (7-12 tahun) dalam pembelajaran matematika ini berbeda-beda hampir pada setiap fase usianya. Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar disesuaikan dengan tahapan usia. Hal ini sesuai dengan implementasi teori perkembangan Jean Piaget. Merujuk pada bagaimana orang tumbuh, menyesuaikan diri, dan berubah sepanjang perjalanan hidupnya melalui perkembangan fisik, perkembangan kepribadian, perkembangan sosioemosi, perkembangan kognisi (pemikiran), dan perkembangan bahasa. Selain tingkat pemahaman model dan metode serta penanganan yang digunakan juga bervariatif. Hasil penelitian dapat menjadi landasan guru mengajar sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran. Terlebih untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Sd. 8285(November), 124–132.

Ani, N. K., Garminah, N. N., & Suartama, I. kadek. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran CRH Berbantuan LKS Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/7331/5001

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2351

Anwar, Chairul. (2017). Teori - teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta : IRCiSoD.

Barlia, L. (2011). Konstruktivisme dalam pembelajaran sains di SD: tinjauan epistemologi, ontologi, dan keraguan dalam praksisnya. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.

Crain, Willam. (2014). Teori Perkembangan: Konsepdan Aplikasi, terj. Yudi Santoso, Cet. Ke- 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Estini, D. G. W. (2015, October). Aktualisasi pemikiran Jean Piaget dalam implementasi kurikulum 2013 (Suatu kajian teoritis). In Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Feldman dan Old Papalia. (2008). Human Dovelopment (Psikologi Perkembagan) : Bagian I s/d IV, terj.

Adnyana, G. P. (2012). Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa pada Model Siklus Belajar Hipotetis Deduktif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3).

Hapsari, T. S. (2011). Penerapan model pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Penabur, 16(10), 34-45.

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253-263.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget. Dialektika Jurusan PGSD, 5(1), 1–10.

King , Laura A. Tt. Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif, (Terj Deresi Opi PerdanaYanti), Cet. 1, Jakarta: Selemba Humanika

Latifah, U. (2017). Aspek perkembangan pada anak Sekolah Dasar: Masalah dan perkembangannya. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185-196.

Lexy, Moleong, J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. (2002). Metodologi Penelitian pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Maulana, U., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Efektivitas Cooperative Learning Tipe The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 Sd Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. V(3), 29–33.

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik (JPT), 1(3), 253–263.

Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.

Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209

Muslihatun, A., Cahyaningtyas, L., Narendra, R., & Hasaleh, L. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional Untuk Media Pembelajaran : Congklak Bilangan Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika Pendahuluan. 15(1), 14–22.

Nengah Kelirik. (2013). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Safitri, N. U. R. A., Pendidikan, J., Madrasah, G., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2021). I Buku Siswa Senang Belajar Matematika Kelas Iv Kurikulum 2013 (Prespektif Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget). 2013(April).

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam prespektif teori pembelajaran konstruktivis. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59-72.

Published
2021-07-21