Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran SD Inpres 135 Hasik Jaya Kabupaten Sorsel

  • Adrianus Tambing Bontong Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Faizin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syams Kusumaningrum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Analisis; Kurikulum 2013; Proses pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dan mendiskripsikan pelaksanaan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SD Inpres 135 Hasik Jaya Kabupaten Sorong Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan satu guru kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dibuat guru sudah sesuai dengan komponen-komponen K13. Pelaksanaan K13terdapat beberapa kendala; 1) kendala yang guru alami adalah kekurangan media pembelajaran dan 2) guru mengalami kebingungan dalam melaksanakan proses penilaian, karena pada saat pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan tematik, namun dalam tahap penilaian guru harus melakukan penilaian setiap muatan pelajaran. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran SD Inpres 135 Hasik Jaya kabupaten Sorong sudah diterapkan, namun masih terdapat hambatan dalam tahap penilaian ketika guru bingung bagaimana melakukan proses penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmad, Susanto. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Artapati, L. W., & Budiningsih, C. A. (2017). Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 185-200.

Creswell, John W. (2010). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ermalinda, Paizaluddin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.

Hurit, A. A., & Harmawati, D. (2019). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 116-123.

Isjoni (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Jessica, A. R. A., Harmianto, S., & Mareza, L. (2020). Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis E-Learning Tema 8 Bumiku Kelas VI SD Negeri 2 Purbalingga Lor. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 139-146.

Komalasari, Kokom (2013). Pembelajaran Konstektual. Bandung: Refika Adiatama.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muzamiroh, Mida Latifatul (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Yuniasih, N., Ladamay, I., & Wahyuningtyas, D. T. (2014). Analisis pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di SDN Tanjungrejo 1 Malang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 148-152.

Nuryanis, N. (2017). ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 11 KOTA LANGSA. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 4(2).

Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan kerja sama dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di sd negeri 2 berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Sarwono. S.W. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shobirin, Ma’as. (2016). Konsep dan implementasi Kurikulm 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2010). Metode Penenelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Mohamad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran: Teoro dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Surya, Mohamad. (2014). Psikologi Guru Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Upayanto, Imam Dwi. (2017). Pelaksanaan Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 SD Negeri 4 Krandegan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Yin, Robert K. (2014). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Published
2021-07-21