Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme

  • Herlina Gantini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Program Pembiasaan; Karakter; Behaviorisme.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program kegiatan pembiasaan harian dalam menanamkan karakter siswa SD Negeri 03 Bejen Karanganyar dipandang dari perspektif teori belajar behaviorisme. Menurut teori behaviorisme Albert Bandura, belajar adalah mengubah tingkah laku peserta didik melalui beberapa tahapan, yaitu tahap perhatian, tahap penyimpanan dalam ingatan, tahap reproduksi, dan tahap motivasi. Hal ini diwujudkan dalam sebuah pembiasaan harian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pembiasaan harian maupun mingguan baik yang terjadwal maupun kondisional yang dilaksanakan di SD Negeri 03 Bejen Karanganyar dapat membentuk sikap peserta didik yang berkarakter. Karakter yang terbentuk yaitu religius, disiplin, bertanggung jawab, toleransi, hormat dan santun, cinta tanah air, semangat kebangsaan, jujur, peduli lingkungan maupun sosial. Keberhasilan pembentukan karakter didukung sepenuhnya oleh lingkungan, proses pendidikan, dan para pengajar yang selalu menjadi contoh bagi peserta didik. Oleh karena itu tugas utama pengajar tidak hanya mengajarkan ilmu ( transfer of knowledge) tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kehidupan (transfer of value).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsan Masrukhan. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah. (1974). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry L.I.S. Jakarta: Bulan Bintang.

Efa Widyastuti. (2016). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di SD Al-Azhar Syifa Budi Surakarta. Pasca Sarjana Administrasi Pendidikan.

Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id.

Fadhillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu Khorida. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Laila, Qumruin Nurul. (2015). Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura. Vol.III, NO.1, Maret. Akses 10 Juni 2021.

Mardiah, Baginda. Nilai-nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. https://media.neliti.com. Akses 20 Juni 2021.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Novia Elva S. (2019). Upaya Pendidikan Karakter Siswa Melalui Metode Pembiasaan Di SMAN 2 Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam: Ponorogo.

Risa Adi S. (2019). Pembentukan Karakter Sopan Santun Melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo: Semarang.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter, Sebuah Pendekatan Nilai. Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 9 No.1.Januari-Juni. Akses 10 Juni 2021.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Jakarta Alfabeta.

Suwarna dan Suharti. (2014). Pendidikan Karakter Hormat dalam Buku Pelajaran Bahasa Jawa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV Nomor 2, Juni. Akses 26 Juni 2021.

Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tresnani, Lia Dwi. (2020). Program Pembiasaan Harian dalam Membentuk Karakter Siswa Ditinjau dari Perspektif Psikologi Belajar. ISTIGHNA, Vol. 3, No 1, Januari. http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index.php/istighna. Akses 10 Juni 2021.

Published
2021-07-21