Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa teori belajar kognitif Bruner dari kajian studi pustaka yang relevan dan mendeskripsikan implikasi teori belajar kognitif Bruner dalam model pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode library research, teknik pengumpulan data studi dokumen. Hasil dari penelitian studi pustaka menunjukkan bahwa: (1) Bruner menganggap manusia sebagai pemikir, pemroses, dan pencipta informasi; (2) tiga proses kognitif yang berlangsung dalam belajar yaitu: memperoleh informasi baru, transformasi pengetahuan, dan evaluasi; (3) supaya pengetahuan dapat dengan mudah ditransformasikan perlu memperhatikan empat tema pendidikan untuk perkembangan siswa yaitu; struktur pengetahuan, kesiapan, intuisi dan motivasi; (4) proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik melalui tiga tahapan perkembangan kognitif yaitu: enaktif, ikonik, dan simbolik tetapi urutan tahapan berpikir atau perkembangan kognitif tersebut tidak dikaitkan dengan usia siswa, Bruner lebih menekankan bagaimana siswa mengeksplorasi potensi yang dimiliki; (5) Bruner mengembangkan model belajar penemuan atau discovery learning. Model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan Bruner dengan tiga tahapan perkembangan kognitif siswa (enaktif, ikonik, dan simbolik) merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam kurikulum 2013 di Indonesia.
Downloads
References
Anidar, J. (2017). Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(2), 8–16.
Arias Gallegos, W. L. (2016). In Memoriam Jerome Bruner (1915-2016). Propósitos y Representaciones, 4(2), 2–5. https://doi.org/10.20511/pyr2016.v4n2.127
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamrony. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud.
Buto, Z. A. (2010). Implikasi Teori Pembelajaran Jerome Bruner Dalam Nuansa Pendidikan Modern. Millah, ed(khus), 55–69. https://doi.org/10.20885/millah.ed.khus.art3
Ekawati, M. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 7 (4)
Ervayani, Holisin, I., & Shoffa, S. (2016). Penerapan Teori Belajar Bruner dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 113–124. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.102
Kemdikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Lestari, D. (2014). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. 3(2), 129–141. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Mirzaqon, T, A., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1).
Nugroho, P. (2015). Pandangan Kognitifisme dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 3(2), 45–52. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 13–10. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Pahliwandari, R. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan, 5(2), 154–164.
Picauly, V. E. (2016). Pandangan Jean Piaget dan Jerome Bruner tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan “Jendela Pengetahuan,” 9(April), 35–47.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sutarto. (2017). Teori Kognatif 5. Islamic Counselling, 1(02), 1–26.
Widyaningrum, R. (2011). Tahapan J. Bruner Dalam Pembelajaran Matematika Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar (Sd/Mi). Jurnal Cendekia, 9, 68–69. http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/865
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.