Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky

  • Listiana Dewi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Pembelajaran Tematik; Teori Konstruktivisme; Vygotsky

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan model pembelajaran tematik di Sekolah Dasar dalam pandangan teori Konstruktivisme Vygotsky. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Penelitian ini juga merujuk pada model studi kepustakaan (library research) yang mana objek yang di kaji pada penelitian ini berasal dari buku, catatan, Jurnal, transkrip, laporan penelitian dan dokumen lain yang dapat ditemukan dan terkait dengan teori belajar Konstruktivisme Vygotsky  dan pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar dalam pandangan teori Konstruktivisme Vygotsky adalah melalui pendekatan scientific yang dilakukan melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Model yang digunakan adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning), dan model Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning). Pembelajaran tematik lebih menghendaki peserta didik untuk bertukar fikiran atau diskusi dengan teman sebaya maupun orang yang lebih mampu untuk berkonsultasi, hal ini sesuai dengan implikasi teori belajar Konstruktivisme Vygotsky yang menghendaki pembelajaran yang menempatkan pembelajaran berorientasi pada student center.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, H., & Soerjono. (1999). Metode penelitian deskriptif. Jakarta: Rineka Cipta.

Apriani, A., Wangid, M. N., & Yogyakarta, U. N. (2015). THE EFFECT OF THEMATIC INTEGRATIVE SSP ON THE CHARACTERS OF DISCIPLINE, 3, 12–25

Authentic, D. A. N., & Sekolah, A. (2013). The analysis of integrative thematic content, scientific approach, and authentic assessment in elementary school textbooks, 1–15.

Borchelt, N. (2007). Cognitive Computer Tools In The Teaching And Learning Of Undergraduate Calculus. International Journal For The Scholarship Of Teaching And Learning, 1(2):1-17.

Drake, S.M. (2012). Creating standards based integrated curriculum: the commom core state standards edition. California. Corwin Press A sage Publication Company.

Galloway, C. M. (2001). Vygotsky's Constructionism. In M Orey (Ed.). Emerging Perspectives On Learning, Teaching, And Technology. Georgia: College of Education University Of Georgia.

Glasersfeld, E. V. (1989). Knowing without Metaphysics: Aspect of The Radical Constructivist Position. Research and Reflexivity: Toward a Cbernetic/Social Constructivist Way of Knowing. London: Sage

Joyce, B & Weil. (2009). Model-model Pengajaran. Edisi 8. Terjemahan A.

Fuwaid & A. Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemdikbud. (2013). Peraturan Menteri pendidikan Nasional dan Kebudayaan RI No 67 Tahun 2013 tentang standar proses.

M. Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, &SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Ormrod, J. E. (2012). Human Learning. (6th ed.). United State of America: Pearson Education, Inc.

Santrock, J. W. (2013). Psikologi Pendidikan. (2nd ed.). (Terjemahan Tri Wibowo). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. (Edisi asli diterbitkan tahun 2004 oleh McGraw Hill Company, Inc).

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi pendidikan karakter. Salatiga: Esensi.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories. (Terjemahann Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta:

Kanisius Tobin, K., Tippins, D., & Gallard, A. (1994). Handbook of Research on Science Teaching and Learning. (pp. 45-93). New York: Macmillan Publishing Company

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Vygotsky, L. S. (1986). Though and Language. (Translate, revised and edited by Alex Kozulin). London: The Massachusetts Institute of Technology. (Edisi asli diterbitkan tahun 1934 oleh lembaga sosial dan ekonomi Moskow)

Wertsch, J. V. (1985). Vygotsky And The Social Formation Of Mind. Cambridge, MA: Harvard University Press

Watts & Pope. (1989). Thinking about Thinking, Learning about Learning: Constructivism in Physics Education. Physics Education,24: 326-331.

Published
2021-07-21