Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey

  • Yugga Tri Surahman Prodi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: John Dewey; Learning by Doing; Pragmatisme.

Abstract

Memaksimalkan kualitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode Learning By Doing. Tujuan penelitian ini adalah uintuk mengetahui metode Learning By Doing. model pembelajaran learning by doing artinya sebuah konsep belajar menggunakan melakukan serta mengerjakan secara aktif, yaitu sebuah pandangan pendidikan pragmatisme berdasarkan dua alasan krusial: yang pertama adalah suatu takdir Tuhan bahwa anak merupakan makhluk ciptaan yang aktif aktif, yang kedua adalah melalui bekerja anak by doing yaitu bahwa siswa perlu terlibat dalam proses belajar secara impulsive/spontan. Dalam hal ini akan membantu peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan belajar aktif pada proses pembelajaran. Penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Desain rancangan penelitian disusun oleh peneliti menggunakan Kajian Literatur. harapan dari Literatur ini bisa memaksmalkan kualitas belajar melalui metode Learning By Doing pada Sekolah. Hasil dari metode ini adalah peserta didik mampu merangsang dan bersungguh-sungguh dalam proses belajar mengajar sehingga keaktifan peserta didik dapat maksimal dan target tercapai sesuai harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewey, D. A. N. J., Ricky, R., & Wiranata, S. (n.d.). Prodi Manajemen Dakwah STAI Terpadu Yogyakarta.

Hadinatha, M. F. (2018). Jejak Pragmatisme dalam Politik di Indonesia (Era 2009 – 2017). Kalimah, 16(2). https://doi.org/10.21111/klm.v16i2.2872

Hasruddin, H., Nasution, M. Y., & Rezeki, S. (2015). Inovasi pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kecakapan sosial mahasiswa pada perkuliahan strategi belajar mengajar biologi. Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat, 47–56.

Khaerul Anwar. (2016). Mimbar Kampus METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Mimbar Kampus. 51–68.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Mata, D., Linguistik, K., Komparatif, H., & His-, L. H. K. (n.d.). Penerapan metode. 1, 159–167.

muhammad kristiawan. (2016). Filsafat 2016.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Ord, J. (2012). John Dewey and Experiential Learning : Developing the theory of youth work. Youth & Policy, 108, 55–72. http://www.amazon.co.uk/Youth-Work-Process-Product-Practice/dp/1905541112

Robani, M. E., Rachim, F. A., Febriani, A., & A, E. R. F. (2021). Metode Learning By Doing Dalam Mengoptilalisasi Kualitas Belajar Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7961

Rosidah, R. (2018). Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Learning By Doing. Qawwam, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.748

Silaban, R., & Mauliadi. (2019). Kajian Mengenai Pentingnya Implementasi Pembelajaran Dengan Orientasi Kontekstual Berbasis Etnomatematika. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, I S B N : 9 7 8-602-53076-1-4, 240–245.

T. Saiful Akbar. (2015). Manusia Dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun dan John Dewey. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 222–243.

Widiyati, T. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Materi Seni Rupa Murni Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning By Doing Pada Siswa Kelas IX.8 SMP Neger 1 Praya Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(1), 142–155. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i1.1035

Yuliani, Y. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT (Analisis Komparatif Pemikiran Imam az-Zarnuji dan John Dewey). Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(02), 1–16. https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.897

Published
2021-07-21