Upaya Penanaman Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Telaah Pendekatan Struktural Fungsional Talcott Parsons

  • Anjar Sulistiawati UIN Sunan Kalijaga
  • Khoirudin Nasution
Keywords: Pendidikan Karakter; Sekolah Dasar; Struktural Fungsional; Talcott Parsons.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya penanaman pendidikan karakter di sekolah dasar berdasarkan teori struktural fungsional Talcott Parsons. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan metode observasi dan telaah literatur. Objek materil yaitu upaya penanaman pendidikan karakter di SD Negeri Trayu dengan objek formal pendekatan struktural fungsional Talcott Parsons. Analisis data yang digunakan adalah analisis sinkronisasi antara upaya penanaman pendidikan karakter dilapangan dengan teori struktural fungsional Talcott Parsons. Teori Talcott Parsons yaitu masyarakat sebagai suatu sistem saling berhubungan dan saling bergantung. Faktor terpenting dari suatu integrasi sistem sosial yaitu kesepakatan. Kemudian Talcott Parsons mengembangkan konsep imperatif fungsional untuk membuat sistem bertahan. Konsep imperatif ini biasanya disebut sebagai AGIL, yang merupakan singkatan dari Adaptation, Goal attainment, Integration, dan Latency. kesimpulannya bahwa penanaman pendidikan karakter di sekolah dalam hal ini dianalisis dengan pendekatan teori struktural fungsional Talcott Parsons melalui 4 tahap yaitu; tahap penetapan dengan tujuan penanaman pendidikan karakter goal attaintment, tahap adaptation sebagai proses adaptasi peserta didik dengan tata tertib dan kebiasaan di sekolah dalam  rangka mencapai tujuan pendidikan karakter, tahap integration penanaman pendidikan karakter dapat diintegrasikan dengan kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler, dan ekstrakurikuler. Kemudian pada tahap latency strategi penanaman pendidikan karakter harus dilaksanakan secara terus menerus atau berkesinambungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Arif, K. M. (2020). Hakikat Karakter Dan Urgensinya Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.828

Baidarus. (2018). Muhammadiyah Dan Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal ISLAMIKA, 1(2), 25–44.

Bakri, W. (2020). Biografi Tokoh-Tokoh Sosiologi Klasik sampai Postmodern. https://doi.org/10.31219/osf.io/5kt8z

Chasanah, U. (2017). Ontologi, epistemologi dan aksiologi pendidikan. tasyri’ Jurnal Tarbiyah syari’ah islamiyah, 24(1), 76–91.

Daimah, D., & Pambudi, S. (2018). Pendekatan Sosiologi Dalam Kajian Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 115–126. https://doi.org/10.22236/jpi.v9i2.1814

Garzia, M. (2018). Urgensi pendidikan karakter abad 21 pada anak usia dini. Urgensi Pendidikan Karakter Abad 21 Pada Anak Usia Dini, 357–361.

Gerhardt, U. (2002). Talcott Parsons: an intellectual biography. In Cambridge University Press (Vol. 1). https://doi.org/10.5860/choice.40-6728

Henderson, L. J. (2014). Iv. the Social System. In Pareto’s General Sociology. https://doi.org/10.4159/harvard.9780674493155.c3

Indrawan, I., Wijoyo, H., Suherman, & Wiguna, i made arsa. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Juwita, R., Firman, F., Rusdinal, R., Aliman, M., & Malang, U. N. (2020). Meta Analisis: Perkembangan Teori Struktural Fungsional dalam Sosiologi Pendidikan. 3(1), 1–8.

KBBI, D. (2021). Karakter. KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/KARAKTER

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (Vol. 1). https://doi.org/10.1016/j.smr.2019.08.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.smr.2009.02.001%0Ahttps://scholarship.shu.edu/student_scholarship

Marzali, A. (2014). Struktural-Fungsionalisme. Antropologi Indonesia, 0(52). https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3314

Prasetya, A., Nurdin, M. F., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(1), 929–939.

Rohendi, E. (2010). Pendidikan Karakter Di Sekolah. International Institute for Environment and Development, 07/80(2), 125. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2795/1824

Sidi, P. (2014). Krisis Karakter The Crisis Of Characters. 2, 72–81.

Turama, A. R. (2018). Formulasi Teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons. jurnal Univeristas Sriwijaya, 58–69.

Published
2022-01-31