Penggunaan Media Flip Chart terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong

  • Ahmad Yulianto Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Sufiati Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Rokhima Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Media Flip Chart; Minat Belajar Peserta Didik; Pembelajaran IPA;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Flip Chart Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan Pre-Exsperimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media flip chart sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket dan lembar observasi kegiatan proses pembelajaran. Teknik analisis data terdiri dari tahap uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas diperoleh Cronbach’s Alpha untuk instrument angket sebesar 0,750. Hasil uji normalitas diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0.596 Uji hipotesis dengan Uji Paired Sample T-test pada penelitian ini diperoleh hasil  sebesar 10.050, nilai df pada penelitian n-1 yaitu 18 - 1 = 17 , nilai df = 17 adalah 2.110, jadi  >  dimana 10.050 > 2.110 dan hasil Sig (2-tailed) sebesar 0.01 nilai ini lebih kecil dari ketentuan 0,05 dimana 0,01 < 0,05. Dari hasil pengujian ini menunjukkan bahwa  diterima dan  ditolak artinya ada pengaruh penggunaan media flip chart terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, Steffi. (2015). Pemanfaatan Media Pebelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam”. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 78-90.

Andri, D. S., & Syafrudin, D. (2015). Pengaruh Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 1(1), 19-26.

Arifani, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Flip Chart Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Cirebon Tahun Ajaran 2014-2015 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Dina (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Pramita, P. A., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 20-31.

Sanaky, Al Hujair. (2013). Media Pembelajaran Interaktif dan Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Siti Nurhasanah, A. & Sobandi. (2019). “Minat Belajar Sebagai Determainan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Renika Cipta.

Subiantoro, A.W. (2010). Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2022-01-31