Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD se-Gugus I Salawati Kabupaten Sorong
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Muatan IPA Pada Sekolah Dasar Gugus I Salawati Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan metode kualitataif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas V di Gugus I Salawati Kabupaten Sorong. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran tatap muka terbatas (PTMt), yaitu: 1. Kebijakan, pelaksanaan PTMt dapat dilaksanakan sesuai kebijakan pemerintah melalui SKB 4 menteri dan surat edaran bupati Sorong dengan sistem blok atau shieft. 2. Perencanaan, perencanaan PTMt disesuaikan dengan kondisi dan durasi yang sudah ditetapkan. 3. Pelaksanaan, cakupan materi dalam pelaksanaan PTMt terutama pada muatan IPA disampaikan sesederhana mungkin agar tidak memberatkan siswa. 4. Evaluasi, disesuaikan dengan kondisi yang ada serta dilakukan setelah peserta didik mengumpulkan tugas yang sudah diberikan baik itu teori maupun praktek. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa PTMt lebih efektif dilakukan dimasa pandemi dibanding pembelajaran secara daring, kegiatan PTMt berlangsung normal meski ketersediaan waktu yang terbatas sesuai aturan pemeritah.
Downloads
References
Aan Hasanah. (2014). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predamedia Group.
Alizamar, C. (2016). Psikologi Persepsi dan Desain Informasi; Sebuah Kajian Psikologi Persepsi dan Persepsi Kognitif untuk didikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Aly, Abdullah & Eny Rahma. (2010). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Anshori, Sodiq. (2014). Pembelajaran Tematik (Tematik Integrative) Mata Pelajaran IPA pada Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah PGSD. 2, 42.
Asmani, M. Jamal. (2014). 7 Tips Aplikasi PAKEM [Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan]. Jogjakarta: Diva Press.
Assidiqi, M. H., Sumami, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61
Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadila, Dewi & Sari Lestari Zainal Ridho. (2013). Perilaku Konsumen. Palembang: Citrabooks Indonesia.
Guraya, S. (2020, August 1). Combanting the Covid-19 Outbreak With A Teknologi-Drivent E-Flipped Classroom Model Off Educational Tranformation. Journal Of Taibah University Medical Scinces, Vol. 15, PP. 253-254. Elsevier B. V.
Hanurawan, Fattah. (2012). Psikologi Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Hariyanto, Dita Dityas., Dewi, Erti Ikhtiarini., & Aini, Latifa. (2014). Hubungan Persepsi Tentang Kesesuaian Harapan Orang Tua dengan Diri dalam Pilihan Studi Lanjut dengan Tingkat Stress pada Siswa Kelas XII di Kabupaten Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan Online.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Persfektif Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mega Wati. (2020). “Nadiem: Keputusan Belajar Tatap Muka Ada Di Tangan Pemda”, https://teropongnews.com/2021/02/nadiem-keputusan-belajar-tatap-muka-ada-di-tangan-pemda, diakses pada 15 Juni 2021 pukul 11.50.
Mendikbud. 2020. “Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalamMasadaruratCovid19”,https://kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19, diakses pada 14 April 2021 pukul 10.15.
Nasional, D. P. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas RI.
Nawawi, 2015. Manajemen Sumber daya Manusia, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Nupita, E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD.
Ribka Putri Agustami, W. S. (2017). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6 (1).
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Samidi., dan Istarani. (2016). Kompetensi & Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Medan: Larispa.
Siti Faizatun Nissa, A. H. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA : IKATAN ALUMNI PGSD UNARS VOL 8 No. 2.
Sobron A.N, B. R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam san Multikuturalisme, Vol. 1 No. 2.
Sobron A.N, B. R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam san Multikuturalisme, Vol. 1 No. 2.
Sriyanti, Lilik. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Ombak.
Sonia Anggianita, Y. M. (2020). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1 (2) 177-182.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Supriatna, U. (2021). Kompetensi Guru Memenfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online. Edumaspul: Journal Pendidikan, 5 (1) 214-221
Tanuwijaya, N.S. dan Tambunan, W., (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Analisis Kebijakan Pendidikan). Journal Manajemen Pendidikan. ISSN 2301-5594. 10 (02)
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara
Wang, Y. (2007). On the Cognitive Processes of Human Perception with Emotions, Motivations, and Attitudes. International Journal of Cognitive Informations and Natural Intelligence (IJCNI).
Yin, R. K. (2015). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.