Pengaruh Media Kartu Cerita terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V SD Inpres 5 Doom

  • Yofita M Seso Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Solehun Solehun Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Teguh Yuliandri Putra Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Media Kartu Cerita; Kemampuan Ide Pokok Paragrap; Siswa Kelas V

Abstract

Penelitian yang dilakukan berdasarkan hasil pretest dan postest yang peneliti temukan di SD Inpres 5 Doom, yaitu Media Kartu Cerita Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V SD Inpres 5 Doom merupakan media yang membantu siswa untuk memahami ide pokok paragraf dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui pengaruh media kartu cerita terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 5 Doom yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa besarnya pengaruh media kartu cerita dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t pada hasil post test berdasarkan perhitungan maka diperoleh thitung sebesar 3.712 dengan Df = 20 diperoleh ttabel sebesar 1.717, dengan taraf signifikansinya 0.05, yakni (0,00 < 0,05 maka hipotesis diterima, berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media kartu cerita terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf siswa kelas 5 SD Inpres 5 Doom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Perkasa

Fanny, Arif Mahya, Siti Partini Suardiman. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia 1(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/artic le/view/2311

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Nisa, I. K. (2019). Pengembangan Media Flashcard Berbantuan Board Game Terhadap Hasil Belajar Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas Iva Sdn Petompon 02 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Nurajijah, A. (2018). Menggunakan Media Kartu Cerita Untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf Pada Pelajaran Bahasa Indonesia (Ptk Di Kelas Iv Sdit Nurul Hidayah Ciceri Serang-Banten) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

Rahmat, P. S., & Heryani, T. (2014). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosakata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 101-110.

Rahma, U. L., & Pristiwati, R. (2019). Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Melalui Model Scaffolding dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita (Kartalita). Jurnal Profesi Keguruan, 5(2), 180-183.

Rani, A. N. A. (2016). Hubungan Antara Penggunaan Media Kartu Gambar Cerita Berseri Dengan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.

Samsu Somadayu. (2011). Strategi dan teknik pembelajaran membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudarwan Danim. (2014). Perkembangan Peserta didik. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suci, A. M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Stad (Student Achievement Divisions) Berbantuan Media Kartu Cerita Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pada Siswa (Penelitian dilakukan pada siswa kelas 3 di SD Negeri Sutopati 2) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Tarigan, Henry Guntur. 2009 (Edisi Revisi). Pengajaran Wacana.Bandung : Angkasa

Published
2022-01-31