Analisis Faktor Penghambat Implementasi Pembelajaran Daring Siswa SD Inpres 68 Kota Sorong

  • Nilam Pangestika Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Faizin Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mursalim Mursalim Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pembelajaran Daring; Whatsapp Group; Siswa SD.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat implementasi pembelajaran daring dan mendeskripsikan cara implementasi pembelajaran daring siswa SD Inpres 68 Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan descriptive qualitative. Teknik yang digunakan adalah teknik wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Analisis data redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) faktor penghambat implemenatsi pembelajaran daring ada 5 yaitu: a) tidak bisa akses aplikasi belajar daring dimana Guru dan siswa masih belum paham tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi belajar daring, b) keterbatasan ekonomi sehingga tidak semua siswa memiliki hp c) jaringan internet kurang baik dimana masih banyak siswa yang menggunakan jaringan seluler sehingga dalam membuka materi yang telah dibagikan oleh guru menjadi terhambat, d) biaya tinggi karena banyak siswa yang mengeluh mengenai biaya kuota walaupun dari pemerintah sudah ada namun dianggap tidak cukup, dan e) kurangnya pendampingan orang tua yang cenderung memiliki kesibukan pekerjaan dan 2) Implementasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp guru menyampaikan materi pembelajaran melalui WAG (WhatsApp Group). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat beberapa faktor penghambat dalam pembelajaran daring dan pembelajaran daring menggunakan bantuan aplikasi whatsapp.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Susanto. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, John W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

A.S. Syarifudin. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Bilfaqih, Q. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. (Yogyakarta: Deepublish)

Cintiasih. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III Sd Ptq Annida Kota Salatiga.

Girsang. (2020). Kendala utama yang dihadapi siswa selama belajar daring dimasa pandemic. https://www.edoo.id/2020/08/29/5.

Haerudin, dkk. (2020). Peran Orangtua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran di Rumah Sebagai Upaya Memutus Virus Covid-19.

Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran. (Bandung: Remaja Rosadakarya)

Mulyadi, Deddy. (2015). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. (Bandung: Alfabeta CV)

Munir.(2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Bandung: Alfabeta).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) nomor 109 (2013) Ciri-Ciri dari Pembelajaran Daring.

Rahmawati. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Evaluasi Belajar Siswa Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Kutowinangun Kecamatan Tingkir Kota Salatiga.

Sugiyono (2011), Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta)

Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 pada Satuan Pendidikan dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (COVID-19)

Published
2022-01-31