Analisis Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar

  • Ipung Purwati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Murfiah Dewi Wulandari Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Darsinah Darsinah Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Pekembangan Sosial, Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Salah satu aspek perkembangan yang paling penting dalam menentukan kesuksesan peserta didik adalah perkembangan sosial. Pada kenyataannya saat ini beberapa sekolah dasar masih kurang memahami pola perkembangan peserta didiknya (Anisah & Hakam, 2022). Senada dengan pernyataan sebelumnya, Syukri (2021) berpendapat bahwa guru belum benar-benar memahami solusi dalam mengatasi kekurangan peserta didiknya. Hal tersebut juga dirasakan di SD Swasta 4 Paripurna Swakarsa, guru belum mampu memahami pola perkembangan sosial pada anak sehingga menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai secara mendalam tentang perkembangan sosial di sekolah dasar. Berdasarkan hasil pengamatan, hal tesebut terbukti dengan adanya beberapa permasalahan sosial anak, diantaranya yaitu (1) peserta didik masih enggan dalam kegiatan kerja kelompok; (2) peserta didik masih sering memilih-memilih teman; (3) masih ada peserta didik yang dikucilkan; (4) peserta didik hanya mau bekerja kelompok dengan teman yang akrab; (5) peserta didik belum mampu mengungkapkan dan berbagi rasa dengan teman sebayanya; (6) peserta didik belum mampu bertanggung jawab akan kewajibannya;  dan lain sebagainya. Selain hasil pengamatan, malalui wawancara dengan siswa SD Swasta 4 Paripurna Swakarsa diperoleh hasil bahwa masih banyak siswa yang memilih-milih teman dan enggan berteman dengan yang lain. Rendahnya aspek sosial tersebut perlu adanya perhatian dari segala pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan: pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Anisah, A. S., & Hakam, K. A. (2022). Perkembangan Sosial , Emosi , Moral Anak , dan Implikasinya terhadap Pembentukan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 69–80.

Ariin, V. K., Rohendi, E., & Istianti, T. (2017). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Melalui Metode Bermain Secara Kolaboratif. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).

Dewi, M. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar, VII(1), 1–11.

Febrianti, R. (2020). Pengembangan Kecerdasan Sosial-Emosional Anak Usia Dini di TK Asiyiyah Bustanul Athfal Patikraja Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerta.

Habibah, S. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 (Suatu Pelatihan Guru Sekolah Dasar Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar). Jurnal Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan, 1(2).

Hanafi, I. (2018). Perkembangan Manusia dalam Tinjauan Psikologi dan Alquran. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 84–99.

Hidayati, A. (2016). Merangsang Pertumbuhan dan Perkembangan Anak dengan Pembelajaran Tematik Terpadu. SAWWA: Jurnal Studi Gender, 12(1), 151–164.

Izzaty, R. E., Suardiman, S. P., Ayriza, Y., Purwandar, Hiryanto, & Kusmaryani, R. E. (2007). Perkembangan Peserta Didik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Jannah, M., Yacob, F., & Julianto. (2017). RENTANG KEHIDUPAN MANUSIA ( LIFE SPAN DEVELOPMENT ) DALAM ISLAM. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(1), 97–114.

Kaffa, Z., Neviyarni, & Irdamurmi. (2021). Analisis Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2612–2616.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi, 3(1), 1–12.

Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. 10.31219/osf.io/p5gu8

Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods Sourcebook (3rd Edition). In SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.1177/239700221402800402

Nurmaya, A. L., Irsan, Sufinuran, & Fauziah, R. (2022). Analisis Perkembangan Perilaku Sosio-Emosional Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring (Online) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 943–953.

Sugiarti, D. Y. (2019). Pengelolaan profesionalisme guru. Genta Mulia, X(1), 106–111.

Surya, A., Sularmi, S. I., & Prakoso, R. F. (2018). Finding Hots-Based Mathematical Learning In Elementary School Students. 1 St National Seminar on Elementary Education (SNPD 2018), 1(Snpd), 30–37.

Syukri, R. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Fun Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karanganyar Narasi Pada Murid Kelas V UPT SPF SD INPRES Parang Kota Makassar.

Tusyana, E., Trengginas, R., & Suyadi. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Jurnal Inventa, III(1), 18–26.

Published
2022-07-09