Implementasi Aplikasi Education (Kipin School 4.0) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di Rumah Siswa Kelas V MIN 1 Pati Berbasis Android

  • Siti Nur Wafiqoh UIN Sunan Kalijaga
  • Aninditya Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Aplikasi Education Kipin School 4.0; Motivasi Belajar; Android

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan keaktifan dan motivasi untuk belajar para siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Pati di rumah. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Pati dengan subjek semua siswa kelas V tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi kelas, studi kepustakaan atau library research dan wawancara. Pada pertemuan di kelas, terdisi dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tahap selanjunya dengan menggunakan group whatsap untuk memantau dan mengetahui perkembangan siswa dalam menggunakan aplikasi Edukasi Kipin School 4.0. Berdasarkan hasil penelitian,. diperoleh 80 % dari jumlah 32 siswa kelas V yang bisa mengunduh aplikasi tersebut dengan mudah dan cepat. Selanjutnya 90 % dari siswa yang bisa menggunakan aplikasi dengan mudah dan menyenangkan. Jadi, media aplikasi edukasi Kipin School 4.0 dalam penggunaan pembelajaran di rumah dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi para siswa untuk belajar dengan menyenangkan di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, D., & Mulyadi, J. (2022). PERANAN APLIKASI KIPIN SCHOOL 4.0 DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 103-107.

Arsyad, Arsyad, and Wahyu Bagja Sulfemi. “METODE ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN BELAJAR IPS.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 3, no. 2 (September 1, 2018): 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012.

Azhar Arsyad, and Asfah Rahman. (2015.). Media pembelajaran/ Azhar Arsyad ; editor, Asfah Rahman. Jakarta :: Raja Grafindo Persada,.

Citra, Cahyani Amildah. “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz…” 8 (2020): 12.

Irwan, Irwan. “Pemberian Pmt Modifikasi Berbasis Kearifan Lokal Pada Balita Stunting dan Gizi Kurang.” Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat) 8, no. 2 (July 29, 2019): 139–50. https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i2.7833.

Khomairoh, S. (2022). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN APLIKASI KIPIN SCHOOL 4.0 TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS).

KIPIN SCHOOL 4.0 : Aplikasi Pendidikan Terlengkap Untuk Belajar di Rumah! https://www.kipin.id/school/index.html

Mudjiono, Dimyati. “Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA Di SMAN 9 Kota Jamb,” n.d.

Nurhayati, Erlis. “Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19.” Jurnal Paedagogy 7, no. 3 (July 6, 2020): 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645.

Oemar Hamalik. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti, 1989, n.d.

Rohmah, Chusna Oktia. “PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN JURUSAN PENDIDIKAN ADMINISTRASI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA,” n.d., 186.

SUSIYANTO, D. (2021). Kipin Pto Sebagai Media Asesmen Digital Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(4), 280-292.

Wedasuwari, I. A. M., Tamba, I. M., & Sari, K. A. D. P. (2020). PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PADEMI COVID 19 DENGAN KIPPIN SCHOOL. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020.

Wijaya Yoga permana. 2009. “Efektivitas e-learning bagi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. “9http://Yogapw.Wordpress.Com/2009/05/14/Efektifitas-e-Learning-Bagi-Mutu-Pendidikansekolah-Indonesia/,” n.d.

Published
2022-07-31