Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif

  • Hellin Putri Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Desty Susiani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nabilla Setya Wandani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fia Alifah Putri Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Penilaian Kognitif; Tes Uraian; Tes Objektif.

Abstract

Penilaian berusaha menentukan apakah tujuan pendidikan tercapai atau tidak, sehingga evaluasi memiliki peran yang sangat besar dunia pendidikan. Setiap mata pelajaran menekankan evaluasi yang berkesinambungan, mengacu pada tujuan dan hasil yang komprehensif. Adapaun diantara ranah penilain dalam pendidikan adalah ranah kognitif.Penilaian kognitif merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan kajian instrument penilaian hasil pembelajaran kognitif pada tes uraian dan tes objektif. metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research). Sejumlah referensi dikasi berdasarkan penilaian hasil belajar kognitif baik dari buku, jurnal, maupun dokumen peraturan pemerintah yang terkait. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Tujuan aspek kognitif berorientasi kepada kemampuan berpikir yang mencakup kemampuan memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungkan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut. Tes tertulis dibagi menjadi dua bentuk, yaitu bentuk uraian dan bentuk objektif. Bentuk uraian dibagi lagi menjadi dua, yaitu bentuk uraian bebas dan bentuk uraian terbatas. Sedangkan bentuk objektif dibagi menjadi empat bentuk, yaitu benar-salah, pilihan-ganda, menjodohkan, dan melengkapi/jawaban singkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio Dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(April), 246–258.

FitzPatrick, B., Hawboldt, J., Doyle, D., & Genge, T. (2015). Alignment of learning objectives and assessments in therapeutics courses to foster higher-order thinking. American Journal of Pharmaceutical Education, 79(1), 1–8. https://doi.org/10.5688/ajpe79110

Ismail Ilyas Muhammad. (2020). Evaluasi Pembelajaran : Konsep dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur (Prajna Vita (ed.)). PT. Raja Grafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah. (diunduh pada tanggal 20 Desember 2019).

Permendikbud No. 66 Tahun 2013 Standar Penilaian. kurikulum-2013/permendikbud-no-66-tahun-2013-standar-penilaian/

Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 27(1), 1–13. https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i1. 79

Setiadi, H. (2016). PelaksanaanA penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.71 73

Sugiyanto, S., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di Smp Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 82– 95. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.45 58

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (diakses pada tanggal 20 Desember 2019).

Utami, D. A. P., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 20(2), 1-18.

Zaenal, A. (2016). Evaluasi pembelajaran. In Remaja Rosdakarya.

Published
2022-07-31