Dampak GLS (Gerakan Literasi Sekolah) terhadap Minat Baca Peserta Didik Sekolah Dasar

  • Ahmad Yulianto Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syams Kusumaningrum Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Elma Fitriani Polan Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Literasi; Minat Baca; Peserta Didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan Gerakan Literasi Sekolah terhadap minat baca peserta didik kelas III SD Negeri 2 Remu Kota Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua variabel yaitu Gerakan Literasi Sekolah sebagai variabel bebas dan minat baca sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 93 peserta didik dengan sampel 31 peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Sebelum uji hipotesis dilaksanakan menggunakan One Simple T-test atau yang umum dikenal dengan Uji-T terlebih dahulu data yang didapatkan diuji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov menggunakan SPSS sebagai uji prasyarat. Adapun hasil uji normalitas diketahui nilai Asymp.Sig sebesar 0,200. Taraf signifikasi 0,200 ≥ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai berdistribusi normal  sehingga data tersebut dapat dilanjutkan untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji Paired Sample T-test pada penelitian ini diperoleh hasil Thitung  sebesar 21.060, nilai df pada penelitian n-1 yaitu 30 – 1 = 29, nilai df = 29 adalah 2,045, jadi Thitung ≥ Ttabel dimana 21.060 ≥ 2,045 dan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 nilai ini lebih kecil dari ketentuan 0,05 dimana 0,000 ≤ 0,05. Dari hasil pengujian ini menunjukkan bahwa H1  diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik kelas III SD Negeri 2 Remu Kota Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adli. (2018). Implementasi Literasi Sekolah Terhadap Minat Belajar Sejarah Peserta didik Kelas X Sman I Kota Jambi.

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD gugus II kuta utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74-83.

Dewi Utama Faizah, (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Dewi, F., Yulianto, A., & Solehun, S. (2021). Pengaruh Metode LAMBUNG TA terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 40-46.

Faizin, M., & Mambrasar, O. (2022). Hubungan Kreativitas Guru Dengan Minat Baca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Ypk Alfa Omega Waisai. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 59-66.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Gerakan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta didik Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten The Influence And Obstacles Of School Literacy Movement Gerakan On. Jurnal Hanata Widya, 6, 60–69.

Hendra Wahyu Cahyaka. (2018). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Dan Kelengkapan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Peserta didik Di Smk Pgri 1 Gresik. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 95–101.

Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42.

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37.

Ridwan Santoso. (2018). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Di Sma Negeri 2 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2017/2018.

Safitri, L., Muslim, A. H., & Hawanti, S. (2019). Pengaruh membaca 15 menit terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar. Jurnal cakrawala pendas, 5(2), 153-157.

Suharmono Kasiyun. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (Jpi), 1(1), 1–17.

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 1–10.

Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 40-51.

Yulianto, A., Sufiati, N., & Rokhima, N. (2022). Penggunaan Media Flip Chart terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 41-46.

Published
2022-07-31