Pengaruh Pendekatan Cross Cultural Understanding terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa PGSD UNIMUDA Sorong

  • Syams Kusumaningrum Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Aswendo Dwitantyanov Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Cross Cultural Understanding; Minat Belajar; Bahasa Inggris.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar Bahasa Inggris sesudah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan Cross Cultural Understanding (CCU) pada mahasiswa PGSD UNIMUDA Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Unimuda Sorong semester II. Sampel penelitian diambil dengan teknik Random Assignment. Jumlah sampel sebanyak 60 mahasiswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas II D sebagai kelas kontrol dan kelas II E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket. Validitas intrumen ini melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan mengujicobakan instrumen (validitas empiris). Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Spearman Brown. Untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan statistik deskriptif dan uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan minat belajar mahasiswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sesudah menggunakan pendekatan CCU. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t-hitung lebih besar t-tabel yaitu sebesar 2,048 > 1,699 dengan perolehan rerata nilai minat kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 78,06 > 66,75. Dengan demikian pendekatan CCU memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar Bahasa Inggris mahasiswa PGSD UNIMUDA Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Sujanto. (2004). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Model Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Baharudin. (2009). Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Coady, J. and Huckin, T. (1997). Second Language Vocabulary Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.

Daryanto dan Raharjo Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, J.J. & Moedjiono. (2002). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Khanifatul. (2014). Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Omar Hamalik. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Richards, J. C., & Renandya, W. A. (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge University Press.

Riyanto, Yatim. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Penerbit SIC.

Sanaky, Hujair. (2009). Media Pembelajaran: Yogyakarta: Safiria Insani Press.

Sardiman, (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Alfabeta.

Zaini, Hisyam. 2017. “Teori Pembelajaran Bahasa dan Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif”. Jurnal: An-Nabigho. Vol. 19 No. 02.

Published
2022-07-31