Implementasi Model Paired Storytelling Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres 14 Samate Raja Ampat

  • Atiya Elly Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mursalim Mursalim Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Model Pembelajaran; Paired Storytelling; Kemampuan Bercerita.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran paired storytelling terhadap kemampuan bercerita siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres 14 Samate Kabupaten Raja Ampat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 14 Samate Kabupaten Raja Ampat yang berjumlah 8 siswa. Instrumen  pengumpulan data mengunakan penilaian tes kemampuan bercerita dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t. Hasil uji normalitas nilai pretest-posttest memiliki P-value (sig.) senilai 0,200> α=0,05 sehingga data berasal dari variabel yang berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan uji paired sample t test bahwa rata-rata skor pretest dan posttest dengan dengan signifikansi α= 0,05, diperoleh  nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan dari perhitungan nilai thitung dan ttabel diperoleh bahwa nilai thitung  11,613 > ttabel 0,025, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest dengan menggunakan penggunaan model pembelajaran paired story telling yang artinya ada pengaruh signifikan implementasi model pembelajaran paired story telling terhadap kemampuan bercerita siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres 14 Samate Kabupaten Raja Ampat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwi Purbiyanti, E., Nuryatin, A., & Wasino. (2017). Keefektivan Penerapan Model Role Playing dan Paired Storytelling terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Journal of Primary Education, 6(1), 57–64. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Fatmi, O. F., & Rakimahwati, R. (2021). Analisis Metode Sandiwara Boneka Terhadap Kemampuan Bercerita Anak di Taman Kanak-Kanak. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 92–101. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.248

Fauziah, Q. (2021). Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Dan Keterampilan Bercerita Melalui Metode Paired Storytelling Pada Siswa Kelas IX E Mts Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(1), 86–94. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i1.13

Firdausia, T. A., Artharina, F. P., & ... (2021). Implementasi Model Paired Story Telling Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Ketrampilan Bercerita Siswa Kelas IV Tema Kayanya Negeriku SDN 4 …. … Jurnal Pendidikan Dasar …, II(1).

Hesti Resmi, S. (2019). Penerapan Model Paired Storytelling dalam Pembelajaran Bercerita. Journal of Education Action Research, 3(2), 100. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17265

Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian …. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1101

Lestari, D., Pratiwi, A. S., & Sunanih, S. (2020). Metode Pembelajaran Paired Storytelling Berbantuan Pop-Up Book Efektif Meningkatkan Keterampilan Bercerita. Mimbar Ilmu. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28914

Lizawati. (2017). Peningkatan kemampuan bercerita menggunakan teknik paired story telling. Edukasi, 15(2), 223–232.

Marlina, E., Apriliya, S., & Hamdu, G. (2018). Kemampuan Bercerita Siswa SD Menggunakan Buku Pop Up. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 84–99.

Novianti, D. (2017). Penerapan Model Kooperatif Teknik Paired Story Telling untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Kelas V pada Pembelajaran Bahasa Indonesia MIN Masjid Raya Banda Aceh.

Nurhanani, Z., Wiyono, B. B., & Nurchasanah, N. (2020). Analisis Penggunaan Media Puppet Show untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Bercerita Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(7), 1020. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13812

Retnaningtyas, H. R. E., & Andika, Y. (2020). Perbandingan Kemampuan Bercerita Siswa Laki-Laki dan Perempuan di Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 45–56. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3147

Retnanngrum, N., & Sunarti. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Paired Story Telling Berbantuan Boneka Tangan Pada Siswa Kelas III A SD. 7, 162–163.

Sylvia, R. I. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Berbasis Paired Storytelling (Bercerita Berpasangan) Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Mojoarum Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pena SD, 05, 31–35.

Uddin, A., & Oktaviarini, N. (2019). Analisis Kemampuan Bercerita Siswa dengan Metode Kerja Kelompok Kecil Siswa Kelas III Tema 6 Energi dan Perubahannya di SD Negeri 02 Penjor Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(2), 41–47. https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.510

Published
2022-07-22