Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II SD

  • Alman Alman Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nova Nugrahaeni Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Media Pembelajaran; Pop Up Book; Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ni adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil matematika belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres 15 Kabupaten Sorong. Desain penelitian Non Equivalent One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IIb berjumlah  24 siswa menggunakan tehnik penarikan sampel adalah tehnik non probability sampling yang di pilih dengan purposive sampling. Hasil analisis ketuntasan belajar pada nilai rata – rata pretest 31,04 dan posttest 69,17, hasil uji reliabilitas diperoleh Cronbach‟s Alpha untuk instrument test sebesar 0,76 yang berarti memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Uji normalitas hasil belajar pretest peseta didik memiliki taraf signifikansi 0.200 > 0.05 dan data hasil posttest peserta didik memiliki taraf signifikansi 0.200 > 0.05. Sementara hasil uji N-gain di peroleh nilai rata-rata yaitu 0,5608 masuk dalam kategori sedang. Efektifitas N-gain masuk dalam kategori cukup efektif dengan nilai tertrendah 13,33 dan nilai tertinggi 80. Uji hipotesis diperoleh thitungq sebesar 4.597 dengan dk = n – 1 (24-1=23) diperoleh ttabel sebesar 1.714. Berdasarkan hasil analisi data nilai yaitu thitung>ttabel (4,597> 1.714), dengan besarnya taraf signifikansi 0.05, yakni (0.000< 0.05) maka Hipotesis diterima, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar peserta didik kelas IIb SD Inpres 15 Kabupaten Sorong.       

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern : Konsep dasar,inovasi dan teori pembelajaran.Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung).Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50-51.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Laefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran : Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Mais, A. (2018). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus . Jember, Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, 136-137.

Rahmawati, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa SLB Tunarungu Kelas IV. Jurnal Ilmiah Mahasiswa UNY , 21-22.

Riana, R. S. (2009). Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan,Pemanfaatan Dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saleh, M. (2017). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Sub Tema Keberagaman.Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 5-6.

Satrianawati. (2018). Media dan sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Tejawati, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dinamika Perkembangan Planet Bumi Malalui Penggunaan Kuis Who Wants To Be A Millionaire Pada Peserta Didik Kelas XI Semester 1SMA Negeri GondanganRejo. Jurnal Pendidikan Konvergensi , 8-9.

Tiyani, L. (2014). Kartu Pop Up. Jakarta: Demedia.

Published
2022-07-31