Implementasi Model Mind Mapping terhadap Kreativitas Belajar IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar

  • Asrul Asrul Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Melfin Pia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Mind Mapping; Kreativitas Belajar; Peserta Didik Sekola Dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model mind mapping terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Kota Sorong. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian exsperiment. Design yang digunakan Post-test Only Control Design. Populasi penelitian sebanyak 20 peserta didik dengan 2 sampel penelitian yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument penelitian menggunakan tes performance dan lembar observasi. Hasil uji data independent sample t-test dari nilai kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai signifikansinya adalah 0,000 maka sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan jika nilai sig (0,000) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Uji hipotesis terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Kota Sorong. Dari hasil penelitian di SD Negeri 1 Kota Sorong ada pengaruh implementasi model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Kota Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta : Bhineka Cipta.

Buzan, Toni. 2007. “Buku Pintar Mind Map”. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Faan, E. M., Yulianto, A., & Asrul, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 69-75.

Hardiyanto, D. Y. 2013. Penerapan mind mapping sebagai media dalam meningkatkan kemampuan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sengare Kabupaten Pekalongan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Istiqomah, R. N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 2 Sidoharjo Pringsewu (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Nur Hija, N. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV. B SDN 50 Bulu'Datu Palopo (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Olivia, Femi. 2014. 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah. Jakarta : PT. Elex Media Kompution.

Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta. Indeks.

Sudrajat, W. P. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di MI PSM Pupus Lembeyan Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksar.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depertemen Agama Republik Indonesia, 2006.

Published
2022-07-31